menu.jpg
 
Ini Terobosan Pakde Gus Ipul di 2013

SURABAYA - Keberhasilan Pakde Karwo - Gus Ipul membangun ekonomi Jawa Timur, tak menjadikan keduanya cepat puas. Memasuki tahun kelima atau masuk tahun 2013 ini, berbagai terobosan terus dilakukan. Untuk tahun ini, Jatim memprioritaskan tiga aspek untuk menggenjot pertumbuhan ekonomi. Ketiga prioritas tersebut adalah usaha mikro, kecil, menengah, dan koperasi (UMKMK), pasar dalam negeri, dan infrastruktur.
Tiga aspek ini sesuai tema Rencana Kerja Pembangunan Daerah (RKPD) 2013 Jatim, “Meningkatkan Kesejahteraan Rakyat Jawa Timur Melalui Perluasan dan Penguatan UMKMK, Pasar Dalam Negeri, Serta Perbaikan Infrastruktur.”

Pakde Karwo mengatakan, menggenjot pertumbuhan ekonomi dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat Jatim dapat dilakukan melalui perluasan dan penguatan UMKMK, memperluas pasar dalam negeri, dan infrastruktur. “Jadi ada tiga hal untuk mewujudkan masyarakat Jatim sejahtera yakni UMKMK, pasar dalam negeri, dan infrastruktur. Peningkatan kesejahteraan itu bisa dilakukan pada tiga hal tersebut,” katanya.

Dijelaskannya, perluasan struktur industri di Jatim dikuatkan melalui UMKM dan koperasi. PDRB yang tinggi di Jatim mendapat kontribusi dari sektor koperasi dan UMKM sebesar 54,38 persen. Sektor ini mampu menampung 98 persen tenaga kerja.

Potensi pertumbuhan ekonomi Jatim yang terus meningkat, menurutnya, banyak disokong oleh para pengusaha UMKM. “Jatim ini memiliki banyak petarung ekonomi dan UMKM Jatim menjadi yang terhebat di Indonesia. Ini jadi modal utama meningkatkan pertumbuhan ekonomi Jatim,” kata Pakde Karwo.

Tiga apsek yang menjadi fokus berikutnya yakni infrastruktur juga perlu dilakukan peningkatan. Tujuannya adalah untuk mempercepat pembangunan konektifitas domestik di Jatim secara terintegratif. Adapun infrastruktur yang dilakukan perbaikan meliputi pelabuhan, jalan arteri/tol, bandara, transportasi, kawasan industri, dan infrastruktur energi (minyak dan gas).

Pakde Karwo menjelaskan, Jatim tidak hanya berperan terhadap koridor Jawa tetapi juga Indonesia Timur. Untuk itu, ia akan membenahi infrastruktur pelabuhan, jalan seperti rel kereta api dan jalan tol, pelabuhan udara seperti penambahan runway dan pembangunan citylink di Pulau Bawean, Bojonegoro, Kalianget Madura. “Pembenahan infrastruktur perlu dilakukan karena Jatim memiliki posisi yang bagus pada bidang logistik dan connectivity di Indonesia Timur,” jelasnya.

Tentunya, langkah-langkah ini memerlukan kerjasama yang menyeluruh. Masyarakat juga diminta terus bahu membahu ikut menyukseskan seluruh pembangunan ini. Karena pembangunan ini harus terus dilakukan. Apalagi, Pakde Karwo - Gus Ipul telah menetapkan untuk terus “Bekerja untuk rakyat menuju Jawa Timur lebih baik dan maju lagi” (arf)

Berita lainnya
Dua Kubu Capres Rekonsiliasi Damai
Dzikir Akbar Dukung Rekap KPU
Coblosan Ulang di Desa Jagoan
Bangkalan dan Sampang Diseret ke D...
Buka Kotak Suara, Panwaslu Dipolis...
Bawaslu: TPS di Juanda adalah DPT ...
Jokowi Unggul di Probolinggo
Gara-gara Gantikan Istri, Pemilu d...
Tokoh Agama Surabaya Serukan Damai
Timses Jokowi Akui Kalah dari Prab...
Buruh Hongkong Tuntut Coblos Ulang
Tinggalkan LSI, Denni JA ke Brasil
KPU: Coblosan Ulang di Sejumlah Da...
Minta Tim Sukses Capres Gandeng T...
Bawaslu: Sulit untuk Penggelembung...
Copyright © 2012 surabayapagi.com
  Kontak | Tentang Kami | Kode Etik | Disclaimer | RSS Feed  | User Online :  95