menu.jpg
 
Dirampas 5 Debt Collector PT Adira Surabaya

SURABAYA (Surabaya Pagi) – Kasus dugaan perampasan kendaraan bermotor milik debitur kembali terjadi. Kali ini korbannya, Amur Rochman, warga Sepanjang, Taman, Sidoarjo. Saat melintas di daerah Candi-Larangan, Sidoarjo, mobil Innova L 48 EL milik Rochman diambil secara paksa oleh lima pria yang diduga debt collector PT Adira Finance. Padahal, korban baru telat membayar angsuran satu bulan.

Atas kejadian ini, korban melapor ke Polres Sidoarjo, kemarin. Namun oleh petugas, korban direkomendasi untuk mengadukannya ke Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Pemkot Surabaya. Kemarin (7/5), korban langsung mengadukan dugaan perampasan itu ke BPSK.

Kejadian ini menambah daftar panjang kasus dugaan perampasan oleh leasing. Sebelumnya, PT Astra Sedaya Finance (ACC) menarik paksa mobil Daihatsu Terios W 1024 PY milik Achmad Basuki, warga Puri Surya Jaya, Gedangan, Sidoarjo. Sedang Oto Finance diduga mengambil paksa sepeda motor Yamaha Mio Nopol L 2985 W. Bahkan, uang tunai 10 juta di jok motor matic itu turut hilang. Motor tersebut milik Ariel Dahrullah, warga Benowo, Surabaya.

“Saya membayar angsuran ke PT Adira Rp 4,5 juta setiap bulan dan sudah berjalan 16 kali angsuran terhitung 5 Maret 2013. Saya baru telat sebulan,” kata Rochman usai membuat pengaduan ke BPSK.

Sebenarnya, ia melalui juru tagih Adira sudah ada kesepakan untuk melunasi angsuran ke-17 tersebut. Namun tanpa pemberitahuan maupun peringatan, PT Adira melalui lima debt collectornya malah mengambil paksa mobilnya. Saat itu, cerita Rochman, mobil miliknya dipinjam rekan kerjanya, H. Umar. Saat melintas di daerah Candi-Larangan, Sidoarjo, ia dihadang oleh mobil berisikan lima orang.

Umar diminta turun dan mobil Inova diambil paksa oleh mereka. Umar sempat memberitahu Rochman kejadian ini dan berusaha negosiasi dengan lima pria yang belakangan diketahui juru sita PT Adira. Namun, mobil Innova itu tetap dibawa paksa oleh mereka. “Saat itu juga saya meluncur ke gudang penyimpanan unit PT Adira. Sampai di sana mobil saya sudah tidak ada. Jelas saya keberatan dengan sikap pihak PT Adira,” ungkapnya.

Dirinya sudah menanyakan kenapa ada pengambilan paksa ke oleh PT Adira, namun dirinya tak mendapatkan jawaban yang memuaskan. Korban juga menanyakan surat tugas 5 pria suruhan Adira. Ternyata, mereka yang mengambil mobil miliknya tidak mempunyai surat tugas yang sah. “Mereka ini benar-benar preman yang bekerja secara liar, sak karepe dewe,” ujar Rochman dengan nada tinggi.

Bahkan, ia sempat bersitegang dengan Head Collector PT Adira bernama Eko. Ia meminta mobilnya dikembalikan, namun Eko tidak memperbolehkan. “Saya sudah mendatangi Kantor PT. Adira di jalan Kayoon Surabaya untuk membayar angsuran yang sempat tertunda. Saya juga meminta data – data pembayarannya saya, memang terlambat tapi baru satu bulan. Saat saya menanyakan perihal Surat Kuasa Penarikan (SKP), ternyata batas penarikan dilakukan apabila keterlambatan itu terjadi setelah 30 hari. Lha ini saya belum sampai 30 hari,” papar Rochman.

Atas kejadian ini, dirinya merasa dirugikan. Karena itu, ia meminta agar PT. Adira bertanggung jawab atas kejadian ini. “Saya akan terus melawan, saya minta keadilan,” tegas Rochman.

Sementara itu, Kepala Bagian Penarikan PT Adira, Eko, mengatakan pihaknya tidak bisa memberikan keterangan kepada wartawan Surabaya Pagi. Dirinya hanya ingin berkomunikasi dengan debitur atau pemilik mobil. “Saya tidak bisa memberui keterangan terkait itu, kecuali anda mempunya surat kuasa dari pemilik mobil. Maaf mas, saya tinggal dulu, banyak kerjaan,“ cetus Eko sambil ngeloyor begitu saja. n cr1

Berita lainnya
Klengteng Milik Louis tak Terdafta...
Merampok 15 Kali, Komplotan ABG Ke...
Proyek Mangrove dan Perumahan Mewa...
Residivis Tukang Becak Bobol Rumah
Eksepsi LP Palsu Mantan Dosen ITAT...
Hujat Prabowo, Satpam Pelindo III ...
Dicabuli dan Disuruh Curi Uang Ibu...
Pabrik Oli Ilegal Ludes Terbakar
Louis, Tersangka Pencabulan Kecoh ...
Pengurus HKTI Jatim, Ditangkap
Punya 2 Istri, Geng Motor Ngrampok
Polisi Kantongi Ciri-Ciri Rampok D...
Dua Pengedar Sabu Diringkus
Oknum Polisi Tersangka Timbun BBM ...
Kurir Sabu Dibekuk
  Komentar Anda :
  Nama * :   Email * :
  Komentar * :
  » :: Disclaimer
   
Auto Loading Records
Copyright © 2012 surabayapagi.com
  Kontak | Tentang Kami | Kode Etik | Disclaimer | RSS Feed  | User Online :  95