menu.jpg
 
Alfred Emile Rambaldo

Surabaya (SurabayaPagi.com) Begitu banyak tokoh yang telah mewarnai perkembangan Kota Surabaya. Tidak hanya tokoh-tokoh yang dianugerahi gelar pahlawan saja, Kota Pahlawan juga “berhutang budi” pada beberapa tokoh yang bahkan tidak banyak dikenal khalayak luas. Salah satunya ialah Alfred Emile Rambaldo, tokoh yang sangat berjasa dalam mengabadikan landscape kota Surabaya dari udara. Bila saja, tanpa karya Rambaldo, tak banyak foto-foto kota Surabaya dari udara yang beredar.

Peran penting Rambaldo bagi Surabaya dimulai pada awal tahun 1900an dalam bidang Observasi , meteorology, perintis penerbangan dan Balon udara beserta pemotretan sekaligus. Anggota kesatuan angkatan laut Belanda ini dilahirkan di Rembang pada tanggal 16 November 1879. Rambaldo mencoba memadukan pemikirannya antara dunia militer, penerbangan dan ilmiah. Salah satunya yakni menghasilkan foto-foto dokumentasi landscape kota dan merintis penerbangan di Pulau Jawa.

Nahas, Rambaldo meninggal dalam masa emasnya atau diusia muda. Lebih nahas lagi, saat dia berusia 31 tahun, dia melakukan ekspedisi udara dengan balon udara pada 5 Agustus 1911 dengan tujuan Semarang. Balon udara terjatuh di kawasan Jatibossen, Blora, Rembang. Saat melakukan penurunan dari keranjang balon udaranya , fatalnya talinya terlepas dan menimpanya sehingga membuatnya tewas.

Alfred Emile Rambaldo dikebumikan di makam Kembang kuning. Atas dedikasi dan ketekunannya, Alfred Rambaldo berhasil memperoleh tempat abadi dalam sejarah penerbangan Belanda. Sedangkan warga kota Surabaya membangun sebuah Monumen Rambaldo di Kroesenpark (kini Taman Apsari) untuk mengenang jasanya. jo

Surabaya Tempo Doeloe
Mallaby, Memorial Park & Taman...
Nasib Miris Pasukan Gurkha di Sura...
Manuver Mabuk Panser Perang
Kisah Unik Celana Khaki Pejuang
Lebih Dahsyat dari perang Normandia
Senjata Makan Tuan Belanda
Wartawan Muda dan Orator Ulung
Dipicu Tewasnya Brigjen Mallaby
Berawal Dari Tak ada Tempat Untuk ...
Mulai Rombeng Hingga Sayur Mayur
Lambang Freemason & Istilah Si...
Bibit Kaitane Kutho
Cerutu Lebih Bersahabat
Mercusuar Arsitektur Jengki
Dulunya Pangkalan Perahu di Kali K...
Makna Sura Bukannya Hiu, Tapi Bera...
Logo Grup Musik St Caecilia
Vliegveld Darmo
Onthel-pun Bayar Pajak
Iwak Pitihik Paling Dinanti
Mau Berkuasa, Minumlah Susu
Pernah Kerjasama bareng Manajer Th...
Maestro Ludruk Garingan
Winkelstraat 1920
Willemskade - Kawasan Perkantoran
 
 
Copyright © 2012 surabayapagi.com
  Kontak | Tentang Kami | Kode Etik | Disclaimer | RSS Feed  | User Online :  104