menu.jpg
 
BUMD PT PJU Dibuat Bancakan Keluarga

SURABAYA – Salah satu BUMD milik Pemprov Jatim PT Petrogas Jatim Utama (PJU) ternyata dijadikan bisnis keluarga yang dikelola sang Direktur Utama. Hal ini menyusul temuan DPRD Jatim yang mengungkap adanya praktek nepotisme di sebuah perusahaan yang dimodali dana APBD ini.

Informasi yang berhasil dihimpun, Direktur Utama PT PJU Abdul Muid ternyata menempatkan anaknya bernama Dyah Widowati sebagai Direktur Utama PT PWJ (Petrogas Wira Jatim) yang tak lain adalah anak perusahaan PT PJU. PT PWJ sendiri mayoritas sahamnya dimiliki oleh PT PJU.
Informasi lain menyebutkan, penempatan Dyah sebagai Dirut PT PWJ itu ternyata dipaksakan. Sebab awal berdiri tahun 2009 lalu, PT PWJ dikomandoi Saiful Hadari. Namun belakangan, posisi Saiful Hadari digeser oleh Dyah Widowati anak kandung Abdul Muid. Di PT PWJ ini, Abdul Muid menjadi komisaris utama.

PT PJU merupakan BUMD milik Pemprov Jatim yang bergerak di bidang migas. PJU memiliki dua anak perusahaan, yakni PT PJU Cendana (Blok Cepu) dan PT PWJ (Blok Sumenep/Santos).

Masuknya nama Dyah Widowati jadi Direktur Utama PT PWJ itu bukan tanpa tujuan. Salah satunya adalah memuluskan bisnis pertambangan swasta yang dikelola oleh seseorang bernama Risang yang tak lain juga anak kandung Abdul Muid.
Risang, dikenal menjadi rekanan PT PWJ yang sehari-harinya tandem dengan seorang direksi PT PWJ bernama Suharyoko.

Temuan ini langsung memantik kecaman dari kalangan DPRD. Anggota Fraksi Persatuan Pembangunan Reformasi (FPPR) Nizar Zahro mengecam keras praktik nepotisme di PT PJU tersebut. Menurutnya, tidak etis jika BUMD yang sebagian besar modalnya berasal dari APBD tapi dalam kenyataannya dibuat bancakan satu keluarga. “Ini sudah tidak benar, masak BUMD dibuat main-main untuk menguntungkan keluarga,” kata Nizar, kemarin.

Boleh saja mereka mengatakan tidak ada aturan yang melarang praktik nepotisme itu, tapi hal ini melanggar azas kepatutan. “Penduduk Jatim itu ada 36 juta lebih, masak tidak ada satu saja orang professional yang bisa jadi direktur di PWJ,” ujar.

Abdul Muid sendiri ketika dihubungi wartawan mengakui Dirut PT PWJ Dyah Widowati adalah salah satu anak kandungnya. “Iya itu anak kandung saya,” ucapnya lirih setelah awalnya membantah. rko

Berita lainnya
Pemprov Desak Hibah Bansos Dicairk...
Pakde Perintahkan Kada Optimalkan ...
Pakde Karwo Beber Strategi Keberha...
IPB : Soekarwo Sangat Keras Perju...
Incumbent DPRD Jatim Tidak Semuany...
Pemprov Dukung Bea Murah Ibadah Ha...
Jatim Raih Parasamya Purna Karya N...
TPP dan Tunjangan Fungsional Guru ...
Pakde Karwo Jamin Korban Lumpur L...
Perjuangkan Nasib Petani Tebu, Pak...
Jangan Ada Lagi Banjir dan Longsor
Cetuskan Program Satu Desa Satu Us...
Petani dan Nelayan Butuh Modal Usa...
Perjuangkan Ekonomi Mandiri Dari D...
Bude Karwo Dorong PKK Tak Jadi Be...
Copyright © 2012 surabayapagi.com
  Kontak | Tentang Kami | RSS Feed  | User Online :  71