menu.jpg
 
Tahun 2013, Dana BOS Rp 560 Per Tahun

SURABAYA (Surabaya Pagi) – Dinas Pendidikan Jawa Timur, mengumumkan Bantuan Operasional Sekolah (BOS) SMA/SMK ada kenaikan. Setidaknya, pada 2013, pemerintah pusat bakal mencairkan anggaran BOS kepada setiap siswa sebesar Rp 560 ribu per-tahun.

Kepala Dinas Pendidikan Jawa Timur, Dr. Harun mengatakan, jumlah anggaran yang diberikan lebih besar dibandingkan tahun lalu, yakni senilai Rp120 ribu. Dalam pencairan nanti, pemerintah akan melakukan dua tahap. Pertama, bulan Januari hingga Juni cair senilai Rp 60 ribu. Tahap kedua Juli sampai Desember cair sebesar Rp500 ribu. Jadi, jumlah dana BOS untuk 2013 sebesar Rp560 ribu. ”Pemberian dana ini sebagai upaya menuntaskan wajib belajar 12 tahun. Pemerintah sangat konsen terhadap pendidikan,” katanya, kemarin.

Pemberian dana BOS itu, ujar Harun bertujuan untuk membebaskan anak SMA dan SMK yang tidak mampu membayar uang sekolah, sedangkan mekanisme penyaluran dana nantinya melalui dana dekonsentrasi. Dalam pencairan nanti, kemendiknas akan melakukan pengawasan yang dipegang langsung oleh inspektorat jendral (itjen) dan melibatkan komite pendidikan.

Tahun ini, pemberian dana BOS SMA dan SMK masih belum besar seperti SD dan SMP. Namun, pemberian dana akan dilakukan secara bertahap. Hal ini karena sistem di SMA dan SMK masih belum siap, selain itu jumlah anggaran juga masih belum tersedia.
Dalam pencairan ini, ungkap mantan Kepala Disbudpar ini, masyarakat diminta untuk ikut mengawasi penggunaan dana BOS. Sebab dengan pengawasan dari masyarakat, maka potensi penyalahgunaan dana akan terminimalisir.

Untuk pengawasan diharapkan bukan hanya terfokus pada BOS SMA dan SMK, tetapi BOS SD dan SMP juga harus dilakukan pengawasan lebih ketat. ”Semua elemen harus ikut melakukan pengawasan supaya BOS tepat sasaran,” jelas Harun.

Sementara itu, Kabid Pendidikan Menengah Pertama (PMP) dan Pendidikan Menengah Atas (PMA) Dindik Jatim Bambang Sudarto mengatakan, BOS SMA dan SMK akan mengalami peningkatan secara bertahap. Jika tahun 2013 sebesar Rp560 ribu, maka tahun 2014 akan dinaikan menjadi Rp1 juta. ”Rencana kedepan pada 2014, dana BOS dinaikan menjadi Rp1 juta,” katanya.

Menurut Bambang, siswa penerima BOS Jatim lumayan besar. Mereka berasal dari sekolah swasta maupun negeri. Diperkirakan, siswa penerima dana pemerintah dari SMAN, SMA Swasta, SMKN, SMK Swasta, MAN, MA Swasta, dan SMALB sebanyak 1.297.236 siswa. ega

Berita lainnya
Dewan Kecam Penjualan Seragam Seko...
Dindik Jatim Sosialisasi Softcopy ...
Diknas Jatim Perkuat Pendidikan Ka...
BOS Disalurkan ke 23.926 Lembaga
Diknas Jatim Terima 180 Siswa Papua
Cegah Narkoba di Sekolah, BNN Gand...
710 Siswa SMP Gagal Masuk Sekolah ...
Siswa Bertindik dan Bertato 'Haram...
Hasil Ujian Sekolah SD/MI Memuaska...
Alokasikan 100 Beasiswa Anak Miski...
Murid Baru SD Tanpa Tes Calistung
Data Tuna Netra di Tes SBMPTN Keli...
SKL Dilupakan, tapi Peserta SBMPTN...
SMPN 4 Sidoarjo Maju Lomba LSS Nas...
451 Pendidik Bersaing untuk Raih P...
Copyright © 2012 surabayapagi.com
  Kontak | Tentang Kami | Kode Etik | Disclaimer | RSS Feed  | User Online :  90