menu.jpg
 
Ceva Logistic Perluas Pasar Indonesia Timur

SURABAYA – Pesatnya pertumbuhan industri kawasan Indonesia Timur, mengundang minat perusahaan logistik multinasional PT Ceva Freight Indonesia yang diwakili oleh Ceva Indonesia untuk buka cabang di Surabaya.
Salah satu industri yang sedang booming di kawasam Indonesia timur adalah sector energi dan gas. “Untuk membidik pasar tersebut, operasional kita harus kuat. Makanya pada tahun ini kami membuka cabang ketiga di Surabaya sebagai pintu gerbang wilayah Indonesia Timur," ujar General Manager Freight Management Operations Ceva Indonesia, Yan Hendry Jauwena di Surabaya, Kamis (3/5).
Lebih jauh dikatakan Yan kendala keterlambatan arus barang keluar dan masuk karena infrastruktur hampir di seluruh pelabuhan Indonesia masih belum memadai. Di antaranya jalan masuk menuju pelabuhan, fasilitas pelabuhan dan fasilitas pendukung lainnya di pelabuhan.
“Padahal pesatnya pertumbuhan ekonomi Indonesia mendorong arus keluar dan masuk barang ke Indonesia juga tumbuh pesat. Sehingga infrastruktur pelabuhan mendesak dibenahi agar arus barang keluar dan masuk makin lancer,” kata Yan.

Kendala lain peraturan kepabean yang cenderung berubah-ubah menyebabkan kebingungan importir, eksportir dan perusahaan forwarding itu sendiri. “Pemerintah perlu menetapkan regulasi kepabean dan importasi yang seragam sehingga mudah dimengerti instansi terkait. Selama ini penafsiran di daerah seringkali tidak sama dan berakibat proses barang keluar masuk barang menjadi lebih lama. Sedangkan perusahaan forwarding dituntut kerja cepat dan tepat," jelasnya.
Untuk itulah kehadiran Ceva Logistics di Surabaya sebagai gerbang perluasan Kawasan Indonesia Timur. "Bukan hanya sektor minyak dan gas bumi yang kami bidik di Kawasan Intim melainkan sektor teknologi juga disasar seperti banyaknya pembangunan BTS di sejumlah daerah di wilayah tersebut," kata Managing Director PT Ceva Freight Indonesia, Kevin Burrell.
Saat ini Ceva Logistics sudah memiliki klien di beragam sektor baik industri seperti baja dan kimia, sektor otomotif, energi, dan konsumen ritel. “Tahun ini kami buka cabang di Surabaya sedangkan tahun lalu ada di Batam dan Balikpapan. Sampai saat ini sudah ada cabang di Jakarta, Cilegon, Solo, Yogyakarta, Medan," ujarnya.
Pada tahun 2013 rencananya buka cabang baru di Medan, Padang, Pekanbaru, dan khusus di Kawasan Indonesia Timur di Makassar. Dengan pembukaan tersebut targetnya peningkatan bisnis 30 persen.
"Terkait besaran trafik layanan, kami setiap hari mengoperasionalkan 800 truk di pasar nasional sesuai banyaknya armada yang ada saat ini. Trafik pengiriman muatan dari Surabaya bisa mencapai 250 truk per hari," ujarnya. sb

Berita lainnya
Arus Kunjungan Kapal Pelabuhan Tan...
Target 1 Juta TEUs Terminal Berlia...
Penjualan SG di Bali Naik 20.3%
IHSG Bergerak Variatif
Hendi, Bos Kebab Turki Omzet Rp1 M...
Puspa Agro Bantu Pasarkan Hasil Pa...
Pakde Jadikan PKK Basis Hadapi MEA...
BBM Naik, Rupiah Bisa Rp 11.700/USA
BRI Untung Rp18,12 T
Kondominium Laris Manis
SMI Bangun Pembangkit 30,6 MW
Hadapi AEC Pakde Motivasi Dipenda ...
Bangkitkan Lagi Semangat Generasi ...
Jawa Timur Provinsi Terbaik Invest...
Apa Itu Investment Award
Copyright © 2012 surabayapagi.com
  Kontak | Tentang Kami | Kode Etik | Disclaimer | RSS Feed  | User Online :  99