menu.jpg
 
2012 PPN Brondong Jadi Minapolitan Percontohan

LAMONGAN - Pada awal tahun 2012 mendatang, Pelabuhan Perikanan Nusantara (PPN) Brondong, akan ditetapkan sebagai kawasan minapolitan perikanan tangkap. Penetapan PPN Brondong ini termasuk yang kedua setelah sebelumnya, wilayah Kec Glagah juga ditetapkan menjadi kawasan minopolitan budidaya.

Dengan dijadikannya minopolitan PPN Brondong tersebut, melengkapi minopolitan lain di tanah air, meliputi PPN Sibolga Kabupaten Tapanuli Tengah Provinsi Sumatera Utara, dan PPN Pekalongan, Kota Pekalongan Provinsi Jawa Tengah. Juga termasuk PPN Pemangkat Kabupaten Sambas Provinsi Kalimantan Barat, dan PPN Tanjung Pandan Kabupaten Belitung Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kepala PPN Brondong Dedi Sutisna mengungkapkan, untuk mewujudkan kawasan minapolitan percontohan tersebut, pihaknya telah membuat business plan. Diantaranya konsepsi untuk menjadikan PPN Brondong sebagai mall perikanan. Juga dengan menggandeng investor swasta di bidang perbengkelan dan docking, pabrik es dan cold storage untuk masuk.

Sebagai salah satu daya dukung perikanan tangkap, saat ini di pantura Lamongan telah beroperasi delapan unit industri pengolahan ikan.Terakhir yang masuk adalah PT QL Hasil Laut dengan produksi olahan berupa Surimi, ikan beku dan fish meal.

Unit produksi itu belum termasuk sekitar 252 unit pengolahan skala rumah tangga. Di wilayah ini juga terdapat lima sentra produksi perikanan tangkap serta terdapat 28.154 nelayan dengan produksi ikan tahun 2010 lalu mencapai 61.431 ton. Di wilayah ini juga terdapat sejumlah 7.526 unit armada perikanan tangkap dengan bobot mati 5 hinga 20 GT dengan jumlah alat tangkap mencapai 8.395 unit.

Dan ia menambahkan, pengembangan kawasan minapolitan di Lamongan sendiri sudah memiliki legal aspek yang jelas.
Karena sudah tercantum dalam Dokumen Perencanaan Pembangunan Nasional.
Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) saat Rapat Koordinasi Minapolitan di Lamongan beberapa waktu lalu juga menyatakan kesiapan untuk mendukung minapolitan di Lamongan dengan melakukan langkah-langkah nyata.jr

Berita lainnya
Dispendik Kalang Kabut, Banyak Gur...
Cairkan Dana ADD Rp 96 M
PNS Lamongan Lolos dari Ancaman Ti...
Kejaksaan Dampingi Perangkat Desa...
Mantan Napi Buka Usaha Kerajinan
Temukan Banyak Jalan Poros Desa Ru...
RSUD Berikan Kesehatan Gratis
Masukkan Program Bebas BAB Dalam P...
Bangun Jalur Khusus R2 Jalan Lamon...
Kades Terpilih Harus Rangkul Rival
Billing System RSUD dr. Soegiri Di...
Cuaca Panas, Karnaval Siswa TK/SD ...
RPJMD Tuntas Dibahas
150 WP Jatim Ikut Tax Amnesty
Dilewati Truk Besa, Jalan Poros R...
  Komentar Anda :
  Nama * :   Email * :
  Komentar * :
  » :: Disclaimer
   
Auto Loading Records
Copyright © 2012 surabayapagi.com
  Kontak | Tentang Kami | Kode Etik | Disclaimer | RSS Feed  | User Online :  124