menu.jpg
 
Ketentuan Jam Kerja dan Lembur

Pertanyaan :

Saya adalah karyawan bagian luar (operasional di luar kantor) di sebuah perusahaan dan telah bekerja selama 3 tahun lebih. Selama ini saya bekerja rata-rata 12 jam dalam sehari, sehingga saya seringkali tidak memiliki waktu untuk beristirahat dengan cukup, terutama waktu untuk bertemu dengan keluarga yang sangat minim. Saya dan teman-teman pernah mencoba membicarakan dengan pihak perusahaan soal jam kerja dan lembur, tetapi pihak perusahaan berpendapat kalau peraturan jam kerja dan jam lembur itu tidak menyalahi peraturan. Padahal saya pernah mendengar kalau jam kerja adalah 7 jam sehari dan jam lembur itu dibatasi serta tidak boleh dilakukan semaunya. Dengan ini saya berharap bisa mendapat penjelasan, kalau boleh mohon disertakan peraturannya, terima kasih

Sudrajat W.
Jl. Rungkut Kidul, Surabaya


Jawaban :

Dalam Undang-undang Ketenagakerjaan memang telah secara tegas diatur mengenai waktu kerja dan waktu kerja lembur. Untuk waktu kerja Undang-undang mengatur dalam dua sistem, pertama adalah waktu kerja 7 (tujuh) jam sehari untuk 6 (enam) hari kerja dalam 1 (satu) minggu, dan yang kedua adalah waktu kerja 8 (delapan) jam sehari untuk 5 (lima) hari kerja dalam 1 (satu) minggu. Pada kedua sistem waktu kerja tersebut juga diberikan batasan jam kerja yaitu 40 (empat puluh) jam dalam 1 (satu) minggu. Apabila melebihi dari ketentuan waktu kerja tersebut, maka waktu kerja biasa dianggap masuk sebagai waktu kerja lembur sehingga pekerja/buruh berhak atas upah lembur.

Sedangkan untuk waktu kerja lembur hanya dapat dilakukan paling banyak 3 (tiga) jam dalam 1 (satu) hari dan 14 (empat belas) jam dalam 1 (satu) minggu. Ketentuan waktu kerja lembur tersebut tidak termasuk kerja lembur yang dilakukan pada waktu istirahat mingguan atau hari libur resmi. Namun harus dipahami bahwa ketentuan jam kerja dan jam kerja lembur tersebut tidak berlaku pada sektor usaha atau pekerjaan tertentu, misalnya pekerjaan di pengeboran minyak lepas pantai, sopir angkutan jarak jauh, penerbangan jarak jauh, atau pekerjaan di kapal (laut). Demikian juga bagi pekerja/buruh yang termasuk dalam golongan jabatan tertentu tidak berhak atas upah kerja lembur, dengan ketentuan mendapat upah yang lebih tinggi. Yang termasuk dalam golongan jabatan tertentu adalah mereka yang memiliki tanggung jawab sebagai pemikir, perencana, pelaksana dan pengendali jalannya perusahaan yang waktu kerjanya tidak dapat dibatasi menurut waktu kerja yang ditetapkan perusahaan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku, seperti direktur atau manajer.

Pada prinsipnya untuk melaksanakan waktu kerja lembur tidak boleh bersifat memaksa. Selain harus ada perintah tertulis dari pengusaha, juga harus ada persetujuan dari pekerja/buruh yang bersangkutan. Akan tetapi memang realitasnya posisi pekerja/buruh (bargaining position) masih berada di bawah pengusaha, sehingga kecil kemungkinan bagi pekerja/buruh dapat menolak waktu kerja lembur.

Sedangkan ketentuan yang berkaitan dengan waktu kerja dan waktu kerja lembur diatur dalam Undang-undang No. 13 tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan, Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi No. Kep. 102/MEN/VI/2004 tahun 2004 tentang Waktu kerja lembur dan upah kerja lembur, dan No. Kep. 234/MEN/2003 Tahun 2003 tentang Waktu Kerja dan Istirahat pada Sektor Usaha Energi dan Sumber Daya Mineral pada Daerah Tertentu. Demikian jawaban yang dapat kami berikan, semoga bisa memberikan manfaat dan semangat bagi Anda dalam bekerja. Terima kasih.

Berita lainnya
Aksi Demo Ribuan Buruh di Surabaya...
278 WNI Berhasil Dipulangkan dari ...
Bakrie Life Belum Bayar Pesangon P...
Kemenakertrans Hanya Akui Apjati S...
Dipukul dan Tak Digaji, TKW Lari k...
Pendemo Mulai Padati Gedung Grahad...
10 Ribu Lebih Massa Buruh Tumplek ...
SPCI Demo PHK Masal Sepihak Carefo...
Buruh Kobar Segel Kantor Apindo Ja...
Buruh Batal Segel Kantor Apindo Ja...
Aksi Solidaritas Buruh Berlanjut d...
Aksi Buruh Di Depan Mapolda Macetk...
Buruh FPSMI Demo Terkait Penahanan...
Status Pegawai Kontrak
Usulan UMK Kota Surabaya Dikatrol ...
Copyright © 2012 surabayapagi.com
  Kontak | Tentang Kami | Kode Etik | Disclaimer | RSS Feed  | User Online :  74