menu.jpg
 
PPDB Online Disosialisasikan

SURABAYA – Agar tak ada kebingungan, jelang penerimaan peserta didik baru (PPDB) 2012 yang mulai dibuka pada Juni mendatang, Dinas Pendidikan (Dispendik) Surabaya gencar melakukan sosialisasi. Termasuk diantaranya mengadakan latihan online bagi calon peserta PPDB.

Kadispendik Surabaya Ikhsan mengatakan, latihan akan diadakan empat kali yakni pada 21-23 Mei, 24-25 Mei, 2-5 Juni, dan 11-13 Juni dengan cara mengakses website ppdbsby.net. “Dengan adanya empat kali tahapan latihan, kami berharap tidak ada kendala bagi anak-anak kita yang hendak mendaftar masuk sekolah,” ujarnya.

Ikhsan juga menerangkan siswa dari keluarga miskin akan mendapat pagu 5%, siswa berprestasi 3%, siswa yang berasal dari luar kota maupun yang sebelumnya sudah bersekolah di Surabaya masing-masing mendapat jatah 1%. Ia mencontohkan, bila di sekolah A ada 100 pendaftar, jumlah tersebut langsung di petakan, siswa keluarga miskin 5 orang, siswa berprestasi 3 orang, yang dari luar kota 1 orang dan anak dari luar kota tapi sudah bersekolah di Surabaya 1 orang.

Untuk jalur prestasi, ada dua macam yaitu bidang olahraga dan mata pelajaran (mapel). Sesuai yang tercantum dalam MoU antara KONI dan Pemkot Surabaya, bahwa siswa yang bersangkutan haruslah memiliki prestasi olahraga tingkat nasional maupun daerah dalam kejuaraan yang diselenggarakan oleh KONI. “Kalau di bidang mapel atau sains, mereka harus berprestasi di event-event yang digelar oleh Kementerian Pendidikan Nasional,” tegasnya.

Dikatakan Ikhsan, ada beberapa perbedaan terkait pelaksanaan PPDB pada tahun ini diantaranya nilai unas menjadi acuan dalam proses penerimaan, tidak seperti tahun lalu yang menggunakan nilai akhir. Perbedaan yang lain adalah rekomendasi diberikan setelah siswa dinyatakan diterima di sekolah. “Ketika peserta PPDB melakukan daftar ulang, disitu baru dilengkapi dengan rekomendasi, bukan pada awal pendaftaran seperti tahun lalu,” imbuh mantan Kabapemas dan KB Surabaya ini.

Pendaftaran PPDB khusus prestasi, mitra warga, inklusif (anak berkebutuhan khusus), dan satu lokasi mulai dibuka pada 12-16 Juni sedangkan PPDB reguler mulai 29 Juni-2 Juli. Untuk kelancaran proses PPDB, Dispendik telah berkoordinasi dengan semua pihak termasuk Kepolisian dan dinas terkait.
Kabid Aplikasi dan Telematika Diskominfo Surabaya Helfi Syarifuddin mengatakan, pihaknya telah menyiapkan dua server khusus untuk PPDB online tahun ini. Disamping itu, Diskominfo juga akan membantu sosialisasi ke masyarakat serta pelayanan informasi melalui media center Pemkot Surabaya. “Jika membutuhkan informasi atau ingin menyampaikan aduan, dapat menghubungi 0315456290 atau 0800 1404122 (bebas pulsa). Kalau untuk jaringan ngadat dan lain sebagainya, Insya Allah semuanya sudah kami antisipasi,” kata Helfi.ov

Berita lainnya
Dewan Kecam Penjualan Seragam Seko...
Dindik Jatim Sosialisasi Softcopy ...
Diknas Jatim Perkuat Pendidikan Ka...
BOS Disalurkan ke 23.926 Lembaga
Diknas Jatim Terima 180 Siswa Papua
Cegah Narkoba di Sekolah, BNN Gand...
710 Siswa SMP Gagal Masuk Sekolah ...
Siswa Bertindik dan Bertato 'Haram...
Hasil Ujian Sekolah SD/MI Memuaska...
Alokasikan 100 Beasiswa Anak Miski...
Murid Baru SD Tanpa Tes Calistung
Data Tuna Netra di Tes SBMPTN Keli...
SKL Dilupakan, tapi Peserta SBMPTN...
SMPN 4 Sidoarjo Maju Lomba LSS Nas...
451 Pendidik Bersaing untuk Raih P...
Copyright © 2012 surabayapagi.com
  Kontak | Tentang Kami | Kode Etik | Disclaimer | RSS Feed  | User Online :  47