menu.jpg
 
Memori Kasasi

MEMORI kasasi adalah upaya hukum atas suatu putusan yang telah dijatuhkan Pengadilan Tinggi. Upaya ini berlaku baik perkara perdata maupun perkara pidana. Tenggat waktu pengajuan memori kasasi maksimal harus dilakukan setelah 14 hari, sejak putusan dijatuhkan.

Memori kasasi dibuat dengan mengisi formulir permohonan yang disediakan di Panitera Pengadilan. Dalam pengisian ini dibebankan biaya perkara. Besarnya biaya berbeda sesuai dengan besar kecil perkara yang dihadapi.

Memori kasasi harus segera dibuat dan disampaikan kepada Mahkamah Agung. Isinya lebih fokus pada keberatan atas pertimbangan hakim, atau lazim disebut dengan Yudex Factie. Di dalam memori kasasi, keberatan yang kita ajukan tidak lagi fokus pada materi perkara, tetapi lebih fokus pada kesalahan penerapan hukum acaranya.

Agar permohonan memori kasasi menang, kita harus jeli terhadap keputusan PT. Kejelian tersebut harus benar-benar memperhatikan kesalahan penerapan hukum acara oleh hakim PT yang mencakup tiga hal. Yaitu, pertama, hakim ketika memutus perkara pertimbangannya tidak cukup. Kedua, keputusan yang dijatuhkan oleh hakim melebihi tuntutan para pihak. Dan ketiga, keputusan yang dijatuhkan hakim dianggap melanggar hukum acara lantaran hakim tidak memberi kesempatan yang luas untuk memperjuangkan haknya.

Selanjutnya menanggapi memori kasasi, MA akan menggelar sidang. Sidang tersebut tidak lagi membahas subtansi dari perkara atau materielnya, namun lebih condong membahas atas hukum formalnya, sudah benar-benar sesuai atau telah terjadi penyimpangan. sal

Berita lainnya
  Komentar Anda :
  Nama * :   Email * :
  Komentar * :
  » :: Disclaimer
   
Auto Loading Records
Copyright © 2012 surabayapagi.com
  Kontak | Tentang Kami | Kode Etik | Disclaimer | RSS Feed  | User Online :  73