menu.jpg
 
Mengajukan Gugatan Intervensi

MENGAJUKAN gugatan intervensi adalah hak bagi setiap orang yang ingin memperjuangkan hak-hak yang justru menjadi polemik orang lain (penggugat atau tergugat). Gugatan intervensi ada tiga macam, bisa membela penggugat, membela tergugat atau membela diri sendiri.

Untuk mengajukan gugatan intervensi sebaiknya diajukan sebelum pada tahap pembuktian baik berupa pembuktian data maupun pembuktian saksi. Sebab, kemungkinan besar apabila diajukan dalam waktu tersebut maka gugatan akan dikabulkan oleh majelis hakim.

Sebaliknya, apabila gugatan diajukan sesudah pembuktian atau menjelang putusan maka kemungkinan untuk dikabulkan kecil pasalnya majelis hakim akan melihat lagi sejauhmana kepentingan penggugat intervensi serta memutuskan untuk memulai dari awal proses persidangannya.

Sedangkan prosedur mengajukan gugatan intervensi antara lain mengajukan permohonan sebagai pihak intervensi tepatnya sebelum pembuktian. Setelah semua pihak dipanggil semua, maka diumumkan dalam putusan sela apakah gugatan intervensi tersebut diterima.

Apabila gugatan intervensi diterima, maka penggugat intervensi akan melakukan hal-hal sebagaimana posisi dia dalam gugatannya. Misalnya, dia mengajukan gugatan intervensi untuk membela tergugat maka dia akan menerima gugatan serta menjawab gugatan tersebut dan sebaliknya. Apabila dia mewakili diri sendiri maka ia harus utarakan apa yang menjadi hak-haknya beserta bukti-buktinya.

Mengajukan gugatan intervensi tidak harus dilakukan sendiri, bisa dilakukan melalui pengacara. Yang jelas kunci utama kalau ingin gugatan diterima maka gugatan harus diajukan sebelum tahap pembuktian. uci

Berita lainnya
Dokter Ceroboh, Pasien Hamil Tewas...
BNI dan PT Baleman Bungkam
Ayah Anak Disemen Dituntut 19 Tahu...
Ngaku Arek Wonorejo, Jual Senpi di...
Tahanan Kabur, Kasi Pidum Kejari P...
Rugikan Eks Partner Bisnis, Pakeri...
Dakwaan Pembunuh Ade Tunggu Hasil ...
Ketua PN Tolak Eksekusi PT Cindere...
Masa Kadaluwarsa Sebuah Piutang
Tips Bila CV Bubar Masih Punya Uta...
MA Perberat Hukuman Pembunuh Mahas...
Tangkap Pasutri Penjual Cukrik Maut
Ayah Penyemen Arek Endrosono Dibun...
Honorarium Jasa Advokat
Gugatan Tingkat Banding
Copyright © 2012 surabayapagi.com
  Kontak | Tentang Kami | Kode Etik | Disclaimer | RSS Feed  | User Online :  70