menu.jpg
 
Tahun 2013, Pemkot Rekrut CPNS Massal

MOJOKERTO (Surabaya Pagi) - Tiga tahun absen rekrut pegawai, Pemkot Mojokerto akan menggelar formasi CPNS besar-besaran tahun 2013 mendatang. Badan Kepegawaian Daerah (BKD) setempat mengajukan pengadaan 900 PNS baru kepada Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (Menpan-RB) untuk mengisi kekosongan formasi lantaran banyaknya PNS yang masuk purna tugas dan meninggal dunia. Namun naiknya grade RSUD milik pemda setempat dari kelas C ke B menjadi faktor penambahan tenaga baru.

Kabid Pengadaan, Pemberhentian dan Mutasi Pegawai (PPMP) BKD, Sunardi mengatakan kebutuhan tenaga bagi RSUD Wahidin Sudiro Husodo menempati urutan pertama dengan formasi terbanyak dalam rekrutmen nanti. Disusul berikutnya tenaga guru. Namun Sunardi tak menyebut pasti formasi untuk tenaga pengajar.

Menurut Sunardi jumlah tenaga baru yang diajukan pihak RS mencapai 98 orang. "Tambahan tenaga yang diajukan RSUD mencapai 98 orang terdiri dari 94 tenaga fungsional dan 4 tenaga teknis. Itu karena naiknya grade RS dari C ke B,'' katanya kepada wartawan, kemarin (3/12).
Tenaga fungsional (ahli) yang diharapkan RS adalah paramedis. Sedang untuk tenaga non medis dibutuhkan memasok bagian administrasi, komputer dan sopir.

Meski mendesak Sunardi tak bisa memastikan kapan rekrutmen digelar. Ia mengungkapkan, dalam pertemuan dengan pihak Menpan di Jakarta pekan lalu pihak Kementrian pun tak bisa menentukan waktu pengadaan pegawai. "Ini tentu bertolak belakangan dengan kebutuhan RS yang mendesak. Sebab Pak Walikota berharap dua bulan lagi RS sudah bisa dioperasionalkan, dan tentu saja butuh dukungan tenaga berkompeten,'' kata Sunardi sembari berharap RS bisa mengoptimalkan tenaga yang ada.

Rekrutmen RS ini masuk dalam ketegori formasi umum. Kebutuhan pegawai yang diusulkan kepada Menpan RB untuk formasi ini mencapai 663 orang. "Proses penjaringan nanti akan menggunakan sistem online seperti pada penerimaan siswa baru anak sekolah. Penjaringan ini diharapkan menekan kecurangan selama rekrutmen berlangsung," katanya.

Dalam penerimaan CPNS tahun depan BKD juga akan merekrut honorer K1 yang hanya tinggal 3 orang. Sekaligus rekrutmen honorer K2 yang jumlahnya masih mencapai 237 orang. Mereka akan mengikuti tes untuk menentukan lulus atau tidak. Materi tes berupa tes kompetensi dasar dan tes kemampuan bidang. Meteri tes berasal dari 10 konsorsium perguruan tinggi dan hasilnya akan diajukan ke pusat.

Sunardi menukaskan apabila mereka tidak lulus maka akan dikembalikan ke SKPD masing-masing. "Kini kami menyiapkan berkas honorer K1 untuk CPNS Desember bulan ini. Namun rencana ini bisa saja ditunda, namun tidak ada salahnya kami mengikuti instruksi Kemenpan,'' imbuh ia kemudian. Dw/sg

Berita lainnya
Klaim Jamkesmas Nunggak Rp 3,5 M
59 Ribu Warga Buta Huruf
Upacara Bendera Gunakan Bahasa Jawa
Anggaran Belanja PAPBD 2014 Melonj...
GP Ansor Jombang Tolak ISIS
Dewan Desak Merger DKP dan KLH
Dewan Soroti Pembelian Mobdin Camat
Pakde Karwo Resmikan Lumbung Padi ...
15 Ribu Warga Belum e-KTP
Banleg Kebut Perda Perubahan Lemba...
Bupati Jombang Tolak ISIS
Dewan Setujui Pembentukan Disporab...
Bupati MKP Buka Bersama Ribuan Yat...
Target Pengangguran Turun Drastis
Lebaran, Instansi Layanan Publik D...
Copyright © 2012 surabayapagi.com
  Kontak | Tentang Kami | Kode Etik | Disclaimer | RSS Feed  | User Online :  110