menu.jpg
 
Syarat Pendirian Usaha Dagang

Pertanyaan :

Saya ingin membuka sebuah toko yang rencananya saya dirikan dalam bentuk Usaha Dagang (UD). Apakah bentuk UD cukup untuk menjalankan usaha? Adakah dampak hukumnya bila didirikan dalam bentuk UD? Apa syarat mendirikan UD?
Terima kasih atas jawabannya.

Lelly, Surabaya

Jawaban :

Bentuk Usaha Dagang (UD) atau Perusahaan Dagang (PD) sebenarnya memang belum merupakan suatu Badan Hukum, namun dalam praktek banyak pengusaha kecil di Indonesia yang memilih jenis ini. PD/UD umumnya merupakan Perusahaan Perorangan, dimana seluruh modal, keuntungan dan kerugian ditanggung sendiri oleh seorang pengusaha. Bisa jadi pengusaha tersebut memiliki beberapa karyawan, namun posisi karyawan itu adalah di bawah si pengusaha dan hanya menerima gaji.

Dalam undang-undang, PD/UD tidak diatur secara khusus. Sehingga tidak ada prosedur resmi untuk pendirian perusahaan yang harus dijalankan. Akta Pendirian di notaris tidak diperlukan. Pengusaha hanya perlu mengajukan permohonan Izin Usaha kepada Kantor Wilayah Departemen Perindustrian dan Perdagangan setempat, serta memenuhi segala perizinan yang diperlukan oleh Pemerintah Daerah setempat. Dengan melengkapi perizinan yang disyaratkan, surat-surat izin itu sudah menjadi tanda bukti yang sah bagi PD/UD yang bersangkutan untuk memulai usahanya.

Jenis izin yang diperlukan sangat bergantung pada jenis usaha/toko apa yang hendak Ibu buat. Contoh perizinan yang biasanya diperlukan adalah Tanda Daftar Perusahaan (TDP), SIUP (Surat Ijin Usaha Perdagangan) dan HO/Ijin Gangguan. Dokumen persyaratan pendaftaran perusahaan yang berbentuk Perusahaan Perorangan adalah fotokopi Akta Pendirian Perusahaan (apabila ada), fotokopi KTP pemilik/penanggungjawab, fotokopi izin usaha atau surat keterangan yang dipersamakan dengan itu yang diterbitkan oleh Instansi yang berwenang dan fotokopi Nomor Pokok Wajib Pajak.

Selain izin-izin tersebut, perusahaan dalam skala apapun juga diwajibkan untuk membuat pembukuan. Hal ini umumnya terkait dengan kewajiban perpajakan.

Berita lainnya
Mafia Tanah Berwajah “Seribu”
Bupati Berharap PPIP Berjalan Sesu...
Mengecek Keaslian Sertifikat Tanah
Bos PT Golden Shines (Edward Ho) p...
2012 PAD Kota Probolinggo Naik Men...
Belum Ada Perjanjian, UM Tak Bisa ...
Keabsahan Perkawinan di USA
Kekuatan Pembuktian, Perjanjian Ha...
Gugat Cerai Karena Suami Pindah Ag...
Suami Ingin Beristri Lagi
Sertifikat Hak Milik Atas Nama Org...
Namanya Digunakan dalam Akta Anak ...
Pengembang Real Estate Wanprestasi...
Tak Bisa Menuntut Dinikahi Pria Be...
Hak Kepemilikan Tanah oleh Warga N...
Copyright © 2012 surabayapagi.com
  Kontak | Tentang Kami | Kode Etik | Disclaimer | RSS Feed  | User Online :  73