menu.jpg
 
Pendirian Yayasan oleh Orang Asing

Pertanyaan :

Apakah boleh orang asing mendirikan yayasan di Indonesia? Atasan saya di kantor berencana untuk mendirikan yayasan bersama mitranya yang terdiri atas beberapa orang asing, dimana mereka akan bertindak sebagai penyandang dana. Apakah ada peraturan khusus mengenai hal ini? Terima kasih.

Arifianto
Surabaya

Jawaban :

Bapak Arifianto Yth, perihal Yayasan kini diatur oleh UU Nomor 16 Tahun 2001 yang telah diubah dengan UU Nomor 28 Tahun 2004. Dalam Pasal 9 dijelaskan bahwa pendirian yayasan oleh orang asing/bersama dengan orang asing akan diatur dalam Peraturan Pemerintah (PP). PP yang dimaksud adalah PP Nomor 63 Tahun 2008 tentang Pelaksanaan Undang-undang Yayasan.

Dalam PP tersebut terdapat beberapa syarat khusus untuk yayasan yang didirikan oleh orang asing, yaitu:
a. Modal awal minimal yayasan adalah sebesar Rp 100 juta (berbeda dengan yayasan yang didirikan WNI, modal awal hanya Rp 10 juta)
b. Salah seorang dari pengurus yayasan (ketua, sekretaris, bendahara) harus dijabat oleh WNI, sedangkan seluruh anggota pengurus (baik WNI maupun WNA) harus bertempat tinggal di Indonesia.
c. Pengurus, pembina dan pengawas yayasan yang WNA harus memiliki KITAS (Kartu Izin Tinggal Terbatas) dan izin melakukan kegiatan di Indonesia (seperti izin kerja dll sesuai dengan peraturan keimigrasian dan peraturan tenaga kerja).
d. Pendiri yayasan harus membuat surat pernyataan bahwa kegiatan yayasan tidak akan merugikan bangsa dan rakyat Indonesia.
Di luar syarat-syarat khusus di atas, proses teknis pendirian yayasan oleh orang asing/bersama-sama orang asing pada dasarnya sama dengan pendirian yayasan biasa, yaitu dengan membuat akta pendirian di Notaris dan menyiapkan ijin-ijin yang diperlukan (prosesnya akan dibantu oleh notaris yang bersangkutan).
Demikian penjelasan saya, semoga dapat membantu.

Berita lainnya
Mafia Tanah Berwajah “Seribu”
Bupati Berharap PPIP Berjalan Sesu...
Mengecek Keaslian Sertifikat Tanah
Bos PT Golden Shines (Edward Ho) p...
2012 PAD Kota Probolinggo Naik Men...
Belum Ada Perjanjian, UM Tak Bisa ...
Keabsahan Perkawinan di USA
Kekuatan Pembuktian, Perjanjian Ha...
Gugat Cerai Karena Suami Pindah Ag...
Suami Ingin Beristri Lagi
Sertifikat Hak Milik Atas Nama Org...
Namanya Digunakan dalam Akta Anak ...
Pengembang Real Estate Wanprestasi...
Tak Bisa Menuntut Dinikahi Pria Be...
Hak Kepemilikan Tanah oleh Warga N...
  Komentar Anda :
  Nama * :   Email * :
  Komentar * :
  » :: Disclaimer
   
Auto Loading Records
Copyright © 2012 surabayapagi.com
  Kontak | Tentang Kami | Kode Etik | Disclaimer | RSS Feed  | User Online :  76