menu.jpg
 
RUU Pemda Jadi Prioritas Pembahasan

Jakarta (Surabaya Pagi) - Pembahasan tiga paket RUU yang berkaitan, yaitu RUU Pemda, RUU Pemilu Kada dan RUU Desa sudah memasuki pembahasan substansi. Namun, RUU Pemda harus menjadi prioritas dalam pembahasan dua RUU lainnya.

Menurut Ketua Pansus RUU Pemda Totok Daryanto, RUU Pemda ini adalah induk dari otonomi daerah yang nantinya berimpilkasi pada penentuan desa sebagai wilayah di kabupaten, kota dan proses penentuan pemilu kada.

"Harus RUU Pemda yang didahulukan, induk dari otonomi daerah itu Pemda, yang akan dipecah ke Pemilu Kada dan Desa," kata Totok usai melakukan rapat pimpinan mengenai pembahasan tiga RUU tersebut di DPR RI, Senin (3/12).

DPR menyepakati adanya pengetatan pemerkaran daerah dan hal itu pun disepakati pemerintah. Namun, yang menjadi permasalah, kata Totok adalah terkait pelibatan DPR dalam menentukan pemekaran daerah itu.

Pemerintah berpendapat penentuan daerah baru hanya cukup dipertangungjawabkan kepada Mendagri, sedangkan DPR RI meminta dilibatkan dan menjadi keputusan bersama.

"Kita tidak mau hanya jadi tukang stempel, seharusnya itu bersama-sama agar kita bisa mengetahui layak tidaknya, meskipun itu baru dalam tahap persiapan," kata Totok. Mi/sg

Berita lainnya
Perempuan tak Istimewa
‘’Bambang itu Guru Politik Say...
Rindu Presiden yang Sejahterakan R...
Ganti Demokrat yang Sindir PDIP
MKGR: Golkar Harus Usung Cawapres,...
Rhoma, Entengkan Koalisi Partai Is...
Capres Harusnya Seperti Dewa Air
Prabowo Kini Merasa Lebih Ringan
Wahabi, Pernah Ditudingkan ke Pres...
“Amien itu Sengkuni Masa Kini”
Koalisi Indonesia Raya, Wacana
Jokowi Siap Umumkan Cawapres
SBY pun Bermanuver
Kekuatan Jokowi-Prabowo Diperhitun...
Kemarin, Gerindra Urung Umumkan Ca...
Copyright © 2012 surabayapagi.com
RSS Feed User Online :  249