menu.jpg
 
29 % Siswi SMA Malang Gak Perawan, Di Surabaya Lokasi Seks Bebas Bertambah

Faishal, SURABAYA
Junaidi, MALANG

Astaghfirullah. Di Malang, ditemukan 29 % siswi SMA sudah tidak perawan. Selain dengan pacarnya, juga dengan TTM (Teman Tapi Mesra) dan Om-om. Sedangkan di Surabaya, justru ditemukan jumlah lokasi seks bebas bertambah yaitu setelah Pemkot menyiapkan taman kota yang tanpa dikelola. Meski ada taman kota, lokasi terbesar seks bebas masih dipegang Pantai Ria Kenjeran, baik motel shortime dengan harga pelajar (Rp 27 ribu) dan semak-semak di laut pantai ria Kenjeran milik Setiadi Yudho. Sinyalemen mayoritas siswi Sekolah Menengah Atas (SMA) sudah tak perawan, ditemukan oleh Badan Penelitian dan Pengembangan (Balitbang) Pemkab Malang. Dalam penelitian tahun 2010 ini ditemukan 29% siswa SLTA sudah melakukan seks bebas sehingga mereka sudah tidak perawan.

"Dari 404 orang siswa yang kita jadikan sampel untuk penelitian ini, sebanyak 29 persen atau 116 siswa yang pernah melakukan hubungan seks pranikah atau seks bebas," ungkap Hasan Abadi, peneliti dari Orbit Nusantara selaku mitra Balitbang Kabupaten Malang, kepada wartawan di Malang, Jumat (27/8).

Angka ini diperoleh dari penelitian terhadap berbagai siswa SLTA di 8 Kecamatan di Kabupaten Malang. Yakni, Kepanjen, Singosari, Turen, Lawang, Karangploso, Gondanglegi, Sumberpucung dan Dau.

Dari 116 siswa pelaku seks bebas itu, lanjutnya, mereka mayoritas melakukan hubungan seks dengan pacarnya. Sedang yang melakukan hubungan seks dengan orang lain atau bukan atas dasar hubungan pacaran sebanyak 21 persen. Responden yang mengaku berhubungan seks tidak dengan pacarnya, banyak mengaku karena diakibatkan karena faktor selingkuhan, faktor materi, serta hubungan suka sama suka tapi bukan pacar.

Hasan juga membeberkan, dari jumlah 116 responden (29 persen) itu, yang melakukan seks pranikah mayoritas terdiri dari kaum perempuan. Yakni mencapai 65 persen. Dari para responden perempuan tersebut, banyak yang mengaku pernah akibat karena diperkosa hingga menimbulkan perilaku seks pranikahnya ketagihan dan dilakukan secara terus menerus, serta ada yang berpacaran dengan pria yang sudah bekerja atau pria yang masih kuliah (mahasiswa).

Yang lebih mengejutkan, tambah Hasan, perilaku seks menyimpang juga dilakukan sekitar enam siswi dengan melakukan hubungan seks dengan saudara kandungnya. Hal tersebut menurutnya dipengaruhi kondisi keluarga. Salah satunya, ibu pergi bekerja menjadi TKW dan ayah kandungnya menikah kembali, membuat mereka nekat melakukan itu.

"Potret itu terjadi di Malang selatan, siswi SMU berhubungan seks dengan saudara laki-lakinya," ungkap Hasan. Dengan fakta ini, Hasan berharap, hasil penelitian ini akan menjadi ukuran adanya kebijakan kurikulum muatan lokal tentang Bahaya Seks Pranikah di SMP dan SMU.

Pendukung Seks Bebas
Sinyalemen seks bebas di kalangan remaja SMA juga terjadi di Surabaya. Ini juga didukung tempat-tempat untuk bermesum ria, seperti hotel-hotel short time, taman kota, tempat wisata, tempat remang-remang, kos, tempat hiburan malam, lokalisasi, dan sejenisnya. Dari penelusuran Surabaya Pagi sebelum dan setelah masuk bulan Ramadan, hampir semua tempat-tempat tersebut menjadi tempat favorit pasangan pelajar berbuat mesum, bahkan berhubungan layaknya suami-istri

Seperti ditemukan pada hotel mini (motel) wisata Pantai Ria Kenjeran. Di antara tamu-tamu yang check in, ada pula beberapa tamu yang nampak masih muda seusia mahasiswa dan SMA. Menurut staf di hotel ini, pasangan usia SMA yang check in dengan cara menggunakan KTP palsu atau milik teman mereka yang telah berusia di atas 18 tahun.

Jika tak berhasil, mereka biasanya menggunakan taman, semak-semak pacuan kuda dan pinggir pantai sebagai tempat alternative bermesum ria. Motel Kenjeran menjadi tempat alternatif pasangan tak resmi untuk berasyik-masyuk karena tidak ada aturan ketat diberlakukan.

Selain hotel, tempat lain yang bisa menjadi pemicu terjadinya seks bebas di kalangan remaja, pelajar dan mahasiswa adalah taman-taman, tempat wisata dan tempat remang-remang. Di taman Taman Bungkul dan Taman Pelangi, misalnya. Di Taman Bungkul, banyak sekali ditemukan pasangan muda-mudi bermesraan. Sudut paling favorit bermesraan di taman ini seperti di utara (tempat bermain anak usia TK) dan selatan (arena skate board), dekat makam Mbah Bungkul.

Begitu pula di Taman Pelangi Jl Ahmad Yani. Di sini, biasanya pasangan muda-mudi bermesraan dan bermesum ria di sudut-sudut yang dirimbunan tanaman dan pohon-pohon besar.

Tempat favorit lain pasangan bermesraan dan bermesum ria adalah tempat miskin penerangan alias remang-remang. Ini misalnya dapat dijumpai seperti di bawah jembatan tol Juanda, kawasan pantai ria kenjeran, dan tempat cangkruk watu-watu Kenjeran. Di antara tiga tempat ini, kawasan pantai ria Kenjeran dan watu-watu adalah tempat favorit remaja, pelajar dan mahasiswa berasyik-masyuk.

Seperti saat Surabaya Pagi mencoba berbaur di kawasan watu-watu, pekan lalu. Di kawasan yang berada pas di bibir pantai ini, banyak sekali dijumpai pasangan muda-mudi yang rata-rata seusia pelajar dan mahasiswa. Watu-watu terbilang ramai karena ada deretan warung leseh menghadap ke laut lepas. Watu-watu juga menjadi tempat favorit pasangan muda-mudi karena di sini ada gundukan panjang batu yang biasa digunakan mereka bermesraan dan bermesum ria, terutama di malam hari.

HIV/AIDS
Seks bebas di kalangan remaja, pelajar dan mahasiswa diakui Direktur Eksekutif Yayasan Hotline Surabaya Esthi Susanti Budiono. Menurutnya, hal itu perlu disorot serius mengingat dampak negatifnya adalah meningkatnya jumlah penderita penyakit epidemik HIV/AIDS. "Jawa Timur angka terbesar Surabaya. Kemudian diikuti oleh Banyuwangi, Kediri, Malang," kata Esti. n

Berita lainnya
Polda kok Cuma Gerebek Prostitusi ...
Perawani Siswi SMP, Pria Malaysia ...
Semalam, Arek Mojokerto Bunuh Ayah...
Kajari Bojonegoro Dipolisikan
Edarkan Upal, Ibu dan Anak Dituntu...
Karyawan Diskotek 777 Terancam LDH
7 Bulan Ngendon Kasus Penganiayaan...
Lima Pelaku Curat Dibekuk
4 Pemuda Gilir Siswi SMP di Sawah
Lempari Bus, 4 Bonekmania Diamankan
Ingin Punya Motor, ABG Nyolong
Dicurigai Nyolong Sapi, Kadus Nyar...
Curi Pompa Air, Pengantin Baru Dir...
6 Perusak Pesantren YAPI Divonis 3...
Edarkan Pil, Pemuda Mojosari Dicid...
Copyright © 2012 surabayapagi.com
  Kontak | Tentang Kami | Kode Etik | Disclaimer | RSS Feed  | User Online :  73