menu.jpg
 
Situs Mlawatan Buktikan Keberadaan Malawapati

Bojonegoro - Warga Desa Wotangare, Kecamatan Kalitidu, Bojonegoro, mendukung "ekskavasi" atau penggalian purbakala di situs Mlawatan di desa setempat, untuk membuktikan kebenaran keberadaan kerajaan Malawapati.

"Kami, juga warga lainnya di Wotangare, jelas sangat mendukung penggalian di situs Mlawatan, untuk membuktikan kebenaran adanya bangunan bekas peninggalan kerajaan Malawapati, " kata seorang tokoh warga Desa Wotangare, Kecamatan Kalitidu, Rochman (59), kemarin

Didampingi dua warga lainnya, Rasiman (44) dan Suyanto, ia menjelaskan, hampir semua warga di Desa Wotangare, meyakini, situs Mlawatan, merupakan lokasi bekas peninggalan kerajaan Malawapati dengan rajanya Prabu Anglingdarma. Alasannya, selama ini di lokasi setempat, banyak ditemukan benda-benda kuno, mulai keris, keramik, juga pondasi dari batu bata kuno yang tertimbun tanah.

Terakhir, lanjutnya, Rochman dengan belasan warga setempat, yang melakukan penggalian, di lokasi situs Mlawatan, menemukan sebuah pondasi dari batu bata kuno. Hanya saja, karena pondasi batu bata kuno tersebut berada di atas tanah milik warga, akhirnya ditutup kembali dengan tanah.

Menurut Rochman, warga di Desa Wotangare, meyakini kisah kerajaan Malawati, dengan rajanya Prabu Anglingdarma, bukan legenda, namun sebuah kenyataan dan bekas lokasi kerajaannya ada di situs Mlawatan. Diperkirakan, lokasi areal yang merupakan bekas peninggalan kerajaan Malawapati, luasnya mencapai delapan hektare.

"Melihat tumpukkan batu bata kuno yang baru kami temukan, cukup panjang, jelas merupakan sebuah bangunan, " kata Rasiman menambahkan. Rochman mengaku, siap membantu penggalian di situs Mlawatan, untuk menemukan bekas peninggalan kerajaan Malawapati. "Tapi, tanah yang masuk situs Mlawatan, sebagian besar milik warga, jadi harus dibebaskan, " katanya. at

Berita lainnya
ARB Jadi Bahan Candaan di Path
Dolly Resmi Ditutup 19 Juni
KPKNL Marah, Karena Pejabat BNI Ma...
Mogok, KY Minta Panitera Sadar Diri
Imbas JIS, Pending 112 Izin Perpan...
Penghargaan Kota Masa Depan Diarak...
IMB 2014 Lebih Selektif Nilai Pese...
Serunya Aerobic dengan Busana Daer...
Walau Diperkosa dan Disiksa, Anakk...
Korban Kekerasan Seksual Bisa Jadi...
Hari Ini, Pesta Reggae di Puspa Ag...
IMB 2014 Sambangi Surabaya
Surabaya Raih Socrates Award
Hotel Maumu dan Karaoke NAV, Disom...
Audisi Indonesia Mencari Bakat Dig...
Copyright © 2012 surabayapagi.com
  Kontak | Tentang Kami | RSS Feed  | User Online :  102