•   Minggu, 15 Desember 2019
Otonomi Daerah

Kelurahan Ketami Wakili Kota Kediri di Lomba Destana se Jatim

( words)

SURABAYAPAGI.COM, Kediri - Kelurahan Ketami, Kecamatan Pesantren, Kota Kediri menjadi perwakilan Kota Kediri dalam lomba Desa/Kelurahan tangguh bencana (Destana) di tingkat Provinsi Jawa Timur. Dalam lomba tersebut Kelurahan Ketami masuk dalam kategori tingkat madya setelah lolos seleksi verifikasi administrasi Destana se-Jawa Timur. Untuk mengetahui kesiapan Destana, tim dari Provinsi Jawa Timur melakukan peninjauan lapangan. Peninjauan dilakukan oleh tim BPBD Provinsi Jawa Timur, Dinkes Provinsi Jawa Timur, Dinas Sosial Provinsi Jawa Timur, Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Ikatan Ahli Bencana Indonesia. Tim gabungan tersebut mengecek data administrasi yang diajukan apakah sama dengan kondisi lapangan. Kepala BPBD Provinsi Jawa Timur, Suban Wahyudiono, ST, MM mengatakan lomba Destana ini sebenarnya untuk memacu tiap daerah agar selalu tanggap dalam menghadapi suatu bencana.

"Tujuannya untuk pembinaan dan peningkatan kapasitas serta memacu desa/kelurahan agar bisa mengantisipasi adanya bencana. Untuk menilai kesiapan itu kita melihat empat aspek," ujarnya dilokasi, (12/9/2019). Lanjut Suban, dalam penilaian lomba Destana tim peninjau lapangan melihat beberapa aspek seperti aspek kesehatan, aspek kesiapsiagaan, aspek penganggaran dan aspek resiko bencana. "Mudah-mudahan setelah kita lakukan peninjauan lapangan, untuk Kelurahan Ketami bisa lolos dan bisa mengambil trophy," imbuhnya. Suban menegaskan pelatihan Destana sangat penting dilakukan di tinggkat desa/kelurahan. Pasalnya di wilayah Jawa Timur sesuai geografis sangat memungkinkan terjadi bencana karena letaknya berada di atas lempengan tektonik. Selain itu Jawa Timur juga banyak memiliki gunung berapi aktif dan tujuh sungai besar.

"Kondisi ini yang membuat Jawa Timur rawan bencana. Jika disimpulkan Jawa Timur potensi tinggi bencana sebesar 30 persen. Oleh karena itu desa/kelurahan tangguh bencana (Destana) ini sangat penting," tegasnya. Dalam penilaian tersebut Kelurahan Ketami menunjukan simulasi kesiapsiagaannya dalam menghadapi bencana yang terjadi. Para relawan bencana yang ada di kelurahan melakukan simulasi cara menanggulangi bencana kebakaran ladang jagung. Mereka menunjukan kemampuannya dalam melakukan evakuasi ternak, menyelamatkan korban hingga memberikan pengobatan serta pemadaman api. Di simulasi ini para relawan bersama warga tampak terlatih dalam menghadapi bencana yang terjadi sewaktu-waktu.

Can.

Berita Populer