SURABAYAPAGI.com merupakan media online dibawah group holding Surabaya Pagi Group, yang mulai online pertama kali pada 27 February 2007 dengan nama Surabaya Pagi Online.

Jada awalnya, Surabaya Pagi Online, online hanya menampilkan dan menayangkan saduran dan salinan berita-berita dari harian Surabaya Pagi yang terbit hari itu.

Tujuannya adalah memberikan layanan kepada para pembaca harian Surabaya Pagi di daerah yang sulit dijangkau oleh jaringan tim Sirkulasi dan Distribusi Surabaya Pagi. Serta memudahkan para pembaca yang berada di luar kota Surabaya dan atau di Jawa Timur.

Sebagai salinan berita-berita harian Surabaya Pagi, surat kabar di Surabaya dan Jawa Timur, yang dijadikan referensi para pembaca khususnya para pencari keadilan baik hukum, politik dan bisnis. Saat itu harian Surabaya Pagi fokus dan concern dalam pemberitaan yang menyoroti pemberantasan korupsi, penyelewengan jabatan, melawan oligarki dan monopoli dengan selalu menyuarakan kebenaran dan keadilan untuk semua golongan.

Selain itu juga turut mengawasi jalannya pemerintahan yang bersih, sehat tanpa korupsi, untuk terjadinya clean government, clean governance.

Salah satunya menonjolkan rubrik khas seperti White Collar Crime, Hukum dan Pengadilan, Skandal, Tips dan Trik Hukum, Surabaya Law Community, hingga kolom interaktif sebagai tekad mencerminkan media yang konsis pada Pencari dan Pembela Korban Ketidakadilan.

Kini, memasuki tahun politik, sejak tahun 2017 hingga tahun 2020, dimulai dengan pilkada serentak di DKI Jakarta 2017, pemilihan gubernur Jawa Timur 2018 mendatang, hingga Pemilu Legislatif dan Pemilu Presiden pada tahun 2019 mendatang. Juga menampilkan ulasan-ulasan khas harian Surabaya Pagi dan SURABAYAPAGI.com.

 

Kini, di perkembangan teknologi dan media siber di Indonesia yang cukup besar, sejak tahun 2014, SURABAYAPAGI.com kemudian dikembangkan menjadi sebuah unit bisnis tersendiri di bawah bendera PT Putra Putri Esemge. 

Tujuannya, satu, memberikan berita update perkembangan berita terbaru yang terjadi sepanjang hari secara real time terutama seputar Surabaya dan sekitarnya.

Kini, di tahun 2017, SURABAYAPAGI.com mulai mencoba memposisikan dan mensinergikan media siber dengan media konvensional (media cetak) dan perubahan di dalam badan hukum menjadi PT Putra Putri Esemge Media. Perubahan dan re-positioning ini dilakukan SURABAYAPAGI.com, agar bisa menunjukkan bahwa SURABAYAPAGI.com memberikan informasi aktual, cepat, dan tetap pada fokus utama dan fokus holding, yakni menyuarakan kebenaran dan keadilan untuk semua golongan.

Dimana, kini perkembangan generasi pembaca sudah bergeser pada generasi pembaca usia 15-40 tahun, yakni generasi Y dan Z.

Harian Surabaya Pagi sendiri juga menjadi media cetak pertama yang elektronik koran (e-Koran) tampil dan dapat diakses di gadged melalui iOS, Android dan Windows Phone melalui perusahaan jasa media SCOOP.

Bahkan, kini, SURABAYAPAGI.com juga menyediakan secara komplit e-Koran dari versi cetak dan akan terbit juga harian Surabaya Pagi edisi sore versi e-Koran bernama Surabaya Sore.

Redaksi SURABAYAPAGI.com

Surabaya, Februari 2017