SURABAYAPAGI.com, Tulungagung.-Pendidikan merupakan satu sarana untuk meningkatkan kehidupan anak bangsa. Oleh sebab itu, melalui festival pelajar Tulungagung, Pemkab Tulungagung bekerja sama dengan Mahera Jaya Education selenggarakan event ini. Dalam sambutannya, Bupati Tulungagung mengatakan pendidikan harus proses pembelajaran harus dilakukan selam hidup.

“Pendidikan diselenggarakan sebagai suatu proses pembudayaan dan pemberdayaan peserta didik yang berlangsung sepanjang hayat,” ujar Bupati Tulungagung, Syahri Mulyo S.E, M.Si.

Syahri, panggilan akrabnya menambahkan, untuk membentuk karakter bangsa harus dimulai sejak dini melalui pendidikan. Hal ini bertujuan untuk mencerdaskan kehidupan bangsa guna menciptakan bangsa yang beradab dan bermartabat.

“Agar peserta didik kita menjadi insan yang beriman dan bertakwa kepada Tuhan YME, berakhlak mulia, sehat, berilmu, cakap, kreatif, mandiri, dan menjadi warga yang demokratis dan bertanggung jawab,” imbuh pria asal Ngantru itu.

Syahri mengajak kepada semua pihak untuk bekerja sama meningkatkan mutu pendidikan di Kabupaten Tulungagung.

“Dengan momentum ini mari kita jadikan gerakan yang mampu memberikan letupan semangat kepada semua pihak untuk bersama mendorong percepatan mutu pendidikan di Kabupaten Tulungagung,” ajak Bupati dalam festival itu.

Di masa mendatang, persaingan akan semakin ketat, teknologi akan berkembang kian pesat. Nilai kebudayaan dan jati diri bangsa akan bersanding dan salin mempengaruhi.

“Anak-anak kita akan mampu bersaing jika diberikan pondasi yang kuat,” tutur politisi asal PDIP itu.

Akhirnya, dirinya berharap agar cita-cita bangsa ini bisa terwujud, dan harapan Tulungagung sebagai Kabupaten yang Ayem Tentrem Mulyo dan Tinoto bisa terwujud lewat pendidikan yang berkualitas bagi peserta didik.

“Pendidikan yang berkualitas merupakan pelayanan dan tanggung jawab kita terhadap anak-anak,” tandas Syahri Mulyo.(TA 18 **)