Bupati Buka Bazar dan Nyethe Bareng di Pasar Rakyat kauman

 

Bupati Tulungagung Syahri Mulyo memberikan bantuan pada pedagang pasar Kauman Tulungagung.


SURABAYAPAGI.com,Tulungagung. - Paguyuban pedagang pasar rakyat Kauman  Tulungagung menggelar Bazar Karo Ngopi Bareng (Bazar dan minum kopi bersama) dan lomba nyethe ( menghias batang rokok dengan ampas kopi seduh).

Kegiatan yang dilaksanakan di parkiran pasar rakyat Kauman Tulungagung kemarin, dibuka  oleh Bupati Tulungagung Syahri Mulyo didampingi Wabup Maryoto Birowo. Hadir dalam acara tersebut Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (DISPERINDAG) Kabupaten Tulungagung Eko Sugiono beserta kabid dan staf, Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (KOMINFO) Tranggono Dibjoharsono, Kabag. Kesejahteraan Rakyat (KESRA) Suyadi, Kabag. Humas Sudarmaji, Camat Kauman Wahju Setija Praptana dan undangan lainnya.

 



Bupati dan wabup SAHTO menikmati jajanan pasar di salah satu stan bazar


Dalam sambutannya, Bupati Syahri Mulyo menyampaikan banyak terima kasih kepada ketua paguyuban pedagang pasar Kauman Iwan Djoko Santoso yang telah memprakarsai terselenggaranya bazar pasar rakyat di pasar Kauman, dan acara ngopi bareng. “Melalui acara bazar ini dapat menjadi sarana bagi para pedagang untuk mempromosikan dagangannya, dan membantu masyarakat untuk mendapatkan kebutuhan sehari-hari dengan harga yang terjangkau, terang Bupati Syahri Mulyo.

 



Bupati dan wabup SAHTO meninjau stan bazar.


Selanjutnya, Bupati Syahri Mulyo menyampaikan secara keseluruhan, acara bazar ini dapat meningkatkan keberadaan pasar kauman sebagai pasar rakyat yang merupakan wujud aplikasi ekonomi kerakyatan yang paling mendasar. Pasar rakyat yang identik dengan adanya proses tawar menawar, hal ini menumbuhkan interaksi sosisal antara pedagang dan pembeli sehingga muncullah keramahtamahan yang menjadi karakter khas pasar rakyat yang tidak dimiliki oleh pasar modern.

Bupati menambahkan, yang dulu belum pernah ke pasar Kauman, yang dulunya kumuh dan kotor,  banjir, sekarang tidak lagi, pasar Kauman kini sudah layak untuk bertransaksi jual beli. Dengan adanya kegiatan seperti sekarang ini bisa menarik warga masyarakat yang dulunya tidak belanja dipasar Kauman dan sekarang tertarik dan belanja di pasar Kauman. Secara otomatis akan meningkatkan pendapatan para pedagang di pasar Kauman, ungkap Bupati Syahri Mulyo.

 



Wabup Maryoto Birowo memberikan bantuan pada pedagang pasar kauman Tulungagung.


Lain halnya yang disampaikan oleh ketua Paguyuban Pedagang Pasar Kauman Iwan Djoko Santoso mengatakan, sudah tidak asing lagi ditelinga kita dengan kalimat ' nyethe', orang Tulungagung tidak lengkap kalau mampir di warung kopi tidak nyethe. Lomba nyethe akan dilaksanakan pada malam hari dan akan memperebutkan hadiah berupa uang tunai sebesar 1 juta untuk juara pertama,500 ribu untuk juara dua,250 ribu untuk juara dan tiga doorprize. ungkap Iwan.                          ( ***/HMS )



Komentar Anda