Wisata Sate Mobil di Palu

SURABAYAPAGI.com - Hingga saat ini mungkin masih belum banyak wisatawan yang merencakan liburan ke Palu, Sulawesi Tengah. Padahal, di kota itu banyak objek wisata yang mampu memikat hati.

Sebut saja Pantai Anjungan Nusantara, Kampung Nelayan, Taman Ntovea, dan masih banyak lagi. Beberapa waktu lalu, muncul sebuah objek wisata baru yaitu Sate Mobil.

Objek wisata itu terletak di Bukit Indah Kanuna, Donggala Kodi, Palu. Berada di lahan seluas 20 hektar, siapa sangka jika keberadaan objek wisata tersebut berawal dari kecintaan seorang pria terhadap mobil antik. Adalah Tadjuddin Lantagi yang memiliki puluhan mobil antik.

Dilansir dari berbagai sumber, pria itu sudah merencanakan pembangunan Sate Mobil sejak tahun 1987. Perlahan namun pasti, ia mulai mencari lahan yang cocok untuk menampung koleksi mobil antiknya. Kini, objek wisata itu yang baru berdiri lebih dari setahun itu mampu mendatangkan minat wisatawan untuk datang berkunjung.

Di sana terdapat bangunan yang disusun dari mobil bekas hingga menyerupai sate. Ada yang terdiri dari delapan mobil dan ada pula yang terdiri dari tujuh mobil. Wisatawan yang datang biasanya memanfaatkan sate mobil itu untuk dijadikan latar belakang untuk berfoto.

Selain sate mobil, ada pula beberapa mobil antik yang dipamerkan. Salah satu jenis mobil yang bisa dilihat adalah Mercy yang dibuat pada tahun 1950an. Kemudian ada juga mobil Morris dan sejumlah motor antik. Beberapa pengunjung juga menyempatkan waktu untuk berfoto dengan deretan kendaraan yang sulit untuk ditemui sekarang ini. Kendaraan antik yang ada di objek wisata tersebut semuanya milik pribadi Tadjuddin.

Selain melihat koleksi kendaraan pribadi sang empunya objek wisata, wisatawan juga dapat menikmati keindahan pemandangan kota Palu. Semilir angin sejuk akan menemani wisatawan saat melihat Teluk Kota Palu atau perbukitan yang ada di sekitar objek wisata. Itu jugalah yang menjadi pemikat wisatawan untuk datang berkunjung. Wisatawan juga bisa menikmati makanan dan minuman di restoran yang tersedia.

Sementara itu, untuk masuk ke objek wisata Sate Mobil, wisatawan tidak perlu merogoh kocek terlalu dalam karena harga tiketnya yang terjangkau yaitu hanya sekira Rp10 ribu. (oz/cr)