Gili Laba di kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Umumnya, yang pertama kali terlintas di benak travellers ketika tiba di Labuan Bajo, Nusa Tenggara Timur adalah melihat komodo secara langsung.

Desa Cancar di Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur.(TAMASYEAH.COM)

Meski aktivitas tersebut merupakan hal wajib yang harus Anda lakukan ketika berada di Labuan Bajo, tetapi obyek wisata di Labuan Bajo tak hanya melihat komodo saja. Setidaknya, ada 5 destinasi wisata di sekitar Labuan Bajo yang sudah menunggu untuk Anda kunjungi.

1. Gili Laba

Terletak di kawasan Taman Nasional Komodo, Gili Laba menawarkan panorama alam yang sungguh menawan. Selain pantai dan bawah lautnya yang indah, highlight dari Gili Laba justru ada pada puncak bukitnya.

Dari atas bukitnya tersebut, Anda bisa menyaksikan pemandangan spektakuler berupa hamparan laut bergradasi biru muda hingga biru tua dengan barisan bukit-bukit botak khas NTT yang melatarinya.

Gili Laba di kawasan Taman Nasional Komodo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.(TAMASYEAH.COM)

Kalau berencana naik ke puncak bukit Gili Laba, sebaiknya Anda datang pukul 3 sore karena matahari masih terang sehingga gradasi warna laut masih terlihat tapi panasnya tidak terlalu menyengat.

Habiskan waktu sedikit lebih lama maka Anda akan mendapatkan bonus berupa sunset yang cantik! Jangan lupa untuk siapkan fisik dan mental sebelum ke sini karena Anda dibutuhkan tenaga cukup besar untuk mendaki bukit ini.

2. Goa Batu Cermin

Berwisata ke goa menjadi salah satu aktvitas menarik yang bisa dilakukan di Labuan Bajo. Meski tak sepenuhnya asli karena telah ada campur tangan manusia, tetapi Goa Batu Cermin masih menjadi destinasi wisata di Labuan Bajo yang wajib dikunjungi.

Dinding-dinding batu alam di Goa Watu Cermin, Desa Batu Cermin, Kecamatan Komodo, Manggarai Barat, Flores, Nusa Tenggara Timur, Selasa (24/10/2017).

Goa Batu Cermin menyajikan fosil-fosil hewan laut yang secara alami terdapat di dinding goa dan menjadi bukti kalau dulunya goa ini berada di dasar laut.

Lantas, mengapa goa ini dinamakan Goa Batu Cermin? Alasannya adalah bahwa pada salah satu sudut di dalam goa ini terdapat lubang di bagian atapnya yang menjadi jalan masuk matahari.

Saat siang matahari masuk, batu-batu di dalam goa akan saling memantulkan cahaya matahari seperti sebuah cermin. Hal inilah yang membuat goa ini dinamakan Goa Batu Cermin.

3. Air Terjun Cunca Wulang

Jika Anda ingin main air di Labuan Bajo, maka Air Terjun Cunca Wulang adalah lokasi yang tepat. Berenang menjadi aktivitas yang asyik di area ini karena air di Air Terjun Cunca Wulang ini masih alami dan sangat segar.

Air Terjun Cunca Wulang di Kecamatan Mbeliling, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Jika Anda tidak bisa berenang, jangan urungkan niat Anda untuk main ke air terjun ini karena ternyata selain airnya yang berwarna hijau Air Terjun Cunca Wulang ini juga menyimpang pesona pada dinding-dindingnya yang terlihat kokoh menyatu dengan airnya yang tenang.

Duduk-duduk di pinggir air terjun sambil memandangi pemandangan ini saja pasti sudah cukup membuat Anda rileks tanpa perlu basah-basahan. Kalau diperhatikan seksama, sekilas Air Terjun Cunca Wulang terlihat seperti di Green Canyon Pangandaran ya?

4. Desa Cancar

Di Desa Cancar, Anda tak akan menemui pantai, goa, air terjun atau tempat wisata lainnya. Hal unik yang akan Anda temui di sini adalah area persawahan yang dibentuk mirip seperti sebuah jaring laba-laba raksasa.

Jika Anda ingin melihat persawahan unik ini, posisi terbaiknya adalah dari ketinggian sehingga Anda bisa dengan leluasa melihat persawahan ini dengan view sempurna.

Untuk itu, para travellers biasanya akan berkunjung ke Puncak Weol dimana Anda bisa mendapatkan view secara keseluruhan dari sini.

Siap-siap dibuat takjub karena yang petani Desa Cancar lakukan benar-benar bukan hanya sekedar menanam padi tapi juga membuat sebuah ‘karya seni’ yang terlihat sangat rapi!

5. Kampung Melo

Saat Anda sudah mengunjungi wisata pantai, air terjun dan wisata goa, kini saatnya Anda menyeimbangkan wisata Anda dengan melakukan wisata budaya di sekitar Labuan Bajo.

Penari Caci di Kampung Melo, Desa Liang Ndara, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur.

Di sekitar Labuan Bajo terdapat sebuah lokasi wisata budaya yaitu Kampung Melo. Saat berkunjung ke Kampung Melo, Anda akan disambut oleh tarian caci yang merupakan tarian khas Manggarai dan dimainkan oleh para lelaki dari Kampung Melo.

Saat membawakan tarian caci, para penari mengenakan pakaian yang tak kalah atraktifnya dengan pertunjukan tariannya itu sendiri.

Para lelaki ini akan mengenakan topi dan membawa pecut serta tameng yang akan digunakan untuk peragaan menyerang lawan tarinya.

Wisatawan di Kampung Melo, Desa Liang Ndara, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur, Selasa (31/5/2011).

Tak hanya tariannya, pemandangan indah yang ada di Kampung Melo ini dijamin akan membuat siapa saja yang datang berkunjung akan sangat terkesan.

Meski Labuan Bajo tersohor akan Pulau Komodo, tetapi Anda pun tetap bisa menikmati obyek wisata lain di sini. Lima destinasi wisata di Labuan Bajo di atas adalah beberapa pilihan destinasi wisata selain melihat komodo yang layak untuk Anda sambangi.lx/kmp