Parade Budaya dalam Sedekah Bumi Desa Babatan

 

Pelepasan balon oleh Ahmad Zaini, selaku camat Wiyung.


SURABAYAPAGI.com-Surabaya, Sedekah bumi memang sudah jarang ditemui di kotabesar seperti Surabaya. Namun, nyatanya masyarakat Babatan mampu menunjukkan eksistensi kecintaannya akan tradisi yang telah berlangsung sejak dulu.

Ahmad Zaini, selaku camat Wiyung membuka acara sedakah bumi desa Babatan dengan sambutan. Sedakah bumi yang diadakan setiap tahunnya itu dimulai dengan pelepasan balon oleh Ahmad Zaini, Senin (22/10) pagi.

“Acara ini diselenggarakan setiap tahun. Namun baru dirayakan dengan meriah sejak empat tahunan belakangan ini,” ujar Aini, selaku panitia.

 



Arak-arakan Sedekah Bumi


Persiapan acara yang digelar setiap tahun ini dimulai sejak bulan Agustus dan akan berakhir hingga akhir bulan Oktober ini. Tak hanya karnaval ini, masih banyak rangkaian acara yang akan digelar.

Warga dari 14 RT dan 2 RW di Babatan memberikan kontribusinya dengan menjadi peserta dari parade ini. Berbagai dandanan adat yang menunjukkan budaya Indonesia ditampilkan peserta dalam karnaval ini.

Semangat dan keseruan juga tampak dari semangat warga sekitar yang menyaksikan. Meski sempat menyebabkan kemacetan, kegiatan ini mampu menjadi salah satu cerminan bahwa tradisi tidak lekang oleh waktu.Mei



Komentar Anda