Pohon Pisang Sewu Tumbuh Subur di Hotel Singgasana

 

Pohon pisang sewu di Hotel Singgasana


 

SURABAYAPAGI.com, Surabaya – Pohon pisang sewu unik tumbuh dan berbuah di Hotel Singgasana. Awalnya pohon itu muncul di depan kamar 331. Saat itu pohon pisang sewu muncul tahun 2010.

 

Pekarangan taman Hotel Singgasana, Gunungsari, tepatnya di depan kamar 311 bahkan tumbuh sekitar 6 pohon pisang sewu. Total pohon pisang sewu yang ada di hotel tersebut sebanyak 17 pohon.


Dua pohon yang sudah berbuah menjadi tontonan tamu hotel karena dinilai cukup unik dan langka. Tak jarang, tamu hotel swafoto dengan pohon pisang seribu itu.


Semakin banyak yang tumbuh. Pihak hotel yang ada di Gunungsari itu berinisiatif memindahkan ke tempat lain. Itu dikarenakan pohon tersebut unik.


"Karena tumbuh baru, maka kami memindahkan ke tempat lain. Sehingga makin banyak. Apalagi pohonnya unik dan langka," kata PR Manager i/c GA Secretary Singgasana Hotel Surabaya Widyaningtyas Virtaloka, Jumat (6/10/2017).

 

Perempuan yang akrab dipanggil Vita ini mengaku, total ada 4 spot pohon pisang berbuah sewu di lingkungan hotel. Saat buah pisang muncul, panjangnya antara 1,5-2 meter. Sehingga susah dipastikan jumlah sisir dalam tandan buah pisang tersebut. Namun tamu hotel tidak bisa memakannya. Karena pohon pisang tersebut tak pernah masak atau matang.

 

"Selama berbuah ya tidak pernah matang, katanya jenis pisang ini memang pisang hias," tuturnya.

 

Menurutnya, beberapa orang sudah merasakan buah pisang itu. Rasanya pun bervariasi. "Beberapa orang mengaku buah pisang itu tidak ada rasanya. GM saya Pak Budhy Guntur Iriansah, pernah merasakan pisang itu. Rasanya hambar katanya," tambahnya.


Seperti pohon pisang lainnya, pisang sewu ini akan mengering bila telah berbuah. Jika sudah mengering, maka pohon pisang tersebut ditebang. "Prosesnya sama dengan pohon pisang kebanyakan. Jika sudah berbuah akan mengering," tandasnya.

 

Walaupun hanya untuk hiasan, tak sedikit tamu yang berniat membeli 'anak' pohon pisang yang tumbuh subur di dekat kolam renang itu. hm

 



Komentar Anda