Kapolri Resmikan Masjid Arif Nurul Huda Dan Command Center

 

Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Polda Jatim meresmikan Masjid Arif Nurul Huda, Selasa (13/2/2018).


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Masjid Arif Nurul Huda tadi diresmikan Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Polda Jatim, Selasa (13/2/2018).

Dalam peresmian masjid itu, Tito menuturkan rumah ibadah umat muslim yang dibangun Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin itu sebagai masjid terbesar se Indonesia di lingkungan Polri.
 
"Menurut saya masjid ini salah satu terbaik se Indonesia milik Polri," tegas mantan Kadensus Polda Metrojaya itu.
 Jendral bintang empat ini menambahkan ada sejumlah orang mengatakan selain masjid di Polda Jatim, ada pula masjid di Polda Metro Jaya paling besar.
 
"Sebenarnya Polda Jatim itu terbesar, tapi sebelumnya saya melihat masjid yang lama punya Polda Jatim, masak Poldanya besar tapi masjidnya kelas Polres," sambung Tito.
 
Masih Kata Tito, di Polda Metro Jaya seperti pengkisahannya saat menyampaikan sambutan, selain masjid ada pula gedung 23 lantai.
Ternyata, gedung itu mulai dibangun sejak 14 tahun silam.
Namun, baru saja diresmikan pada tahun ini.
 
"Itu namanya Gedung Promoter, entah sudah berapa Kapolri tapi bangunannya baru selesai, tapi Alhamdulillah saya lah yang mengakhiri (meresmikan)," papar Tito. 
   
Perlu diketahui, pembangunan Masjid Arif Nurul Huda di Polda Jatim tak sampai setahun. Masjid Arif Nurul Huda dibangun kurang dari setahun, tepatnya sembilan bulan.
"Kapolda Jatim ini luar biasa, awal peletakan batu pertama beliau dan diakhiri beliau pula, bahkan Kapolda juga membangun kantor (gedung baru) yang pembangunannya tak kalah cepat," beber Tito.
 
Dari sana, Tito mengapresiasi tindakan dari Machfud dalam pembangunan masjid dan gedung yang pembangunannya terbilang cepat itu. Pria yang menjabat sejak 13 Juli 2016 itu menerangkan, masjid itu dapat mencegah pelanggaran anggota Polri dalam melaksanakan tugas penegakan hukum.
 
"Agama merupakan rem yang paling pakem (akurat)," tegas Tito. 
 
 



Kapolri Jenderal Tito Karnavian di Polda Jatim meresmikan Masjid Arif Nurul Huda, Selasa (13/2/2018).


Sementara itu, Ketua Umum Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Said Aqil Siradj, Ketua Dewan Pembina Majelis Ulama Indonesia, Din Syamsudin, sejumlah kiai dan habaib se Jatim, sampai sejumlah anggota Komisi III DPR RI hadir dalam peresmian masjid itu.
 
Menurut  Said selain berfungsi sebagai tempat ibadah, rumah ibadah bagi umat Islam itu juga memiliki beberapa fungsi positif lainnya. Salah satunya berfungsi sebagai lokasi untuk memperdalam ilmu agama dalam mendapatkan pemahaman agama Islam yang baik dan benar.
 
Dia menambahkan, dengan pemahaman agama yang benar, agama Islam akan hadir sebagai rahmat untuk masyarakat.
"Masjid merupakan tempat tafaqquh fid-diin," tegas Said. Rabu (13/2/2018)
 
Disisi lain, Kapolda Jatim, Irjen Pol Machfud Arifin menegaskan pembangunan masjid itu hanya membutuhkan waktu sekitar sembilan bulan saja. Machfud mengimbuhkan, masjid yang dibangunnya di atas lahan dengan luas sekitar 2000 meter persegi itu di arsiteki oleh dirinya sendiri.
Tito dan Said beserta sejumlah tamu undangan lainnya mengatakan masjid itu terlihat besar, indah, nan megah.
Machfud berharap dengan dibangunnya masjid di halaman luar Markas Polda Jatim, masjid itu dapat diakses masyarakat umum dengan mudah."Masyarakat bisa beribadah disini, tidak ada larangan, yang beribadah disini bukan hanya anggota Polda Jatim saja,"tandasnya.
 
Tak hanya Masjid, Kapolri juga meresmikan command center Polda Jatim. Dimana dengan dibangunannya ini, dihadapkan keluhaan masyarakat cepat respon kehadiran dimana polisi diminta untuk hadir ditengah tengah masyarakat.
 
"Dengan respon yang cukup baik, Maka masyarakat akan lebih dekat dengan polisi,"papar Kabid IT Polda Jatim Kombes Pol.Sigit
 
Hal ini juga mengantisipasi akan kericuhan saat Pilkada. Karena di dukung dengan puluhan CCTV milik Pemkot Surabaya bekerjasama dengan Polrestabes Surabaya semua bisa terkendalikan.nt 



Komentar Anda



Berita Terkait