Kapolda Minta Kapolres Contoh Kombes Iqbal

 

Kapolretabes Surabaya Mohammad Iqbal mendampingi Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin meresmikan gedung Graha Bhara Daksa, Kamis (23/11/2017). FOTO : SP/ROBERT


SURABAYAPAGI.com, Surabaya – Mendapat promosi jabatan baru sebagai Karopenmas Divhumas Mabes Polri, tak menghentikan Kombes Pol M Iqbal meningkatkan pelayanan. Ini terlihat dari gedung dan fasilitas baru pelayanan publik di Polrestabes Surabaya, yakni gedung Sentra Pelayanan Kepolisian Terpadu (SPKT), pelayanan Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK), dan Gedung Bhara Daksa. Atas inovasi ini, Iqbal yang menjabat Kapolrestabes Surabaya sejak November 2016 mendapat apresiasi dari Kapolda Jatim Irjen Pol Machfud Arifin.

Graha Bhara Daksa merupakan gedung serba guna. Sedangkan satu gedung lagi, difungsikan untuk pelayanan SPKT dan SKCK online. "Ini inovasi bagus yang patut ditiru oleh Polres lain," sebut Irjen Pol Machfud Arifin saat meresmikan gedung tersebut, Kamis (23/11/2017).

Irjen Pol Machfud Arifin menambahkan, pembangunan yang dilakukan oleh Polrestabes Surabaya tersebut sangat berguna bagi masyarakat. Terutama pelayanan SPKT dan SKCK yang sudah terkoneksi secara online. Sebab menurutnya, optimalisasi pelayanan saat ini menjadi perhatian Polri. Sebab dengan adanya sarana yang baik, akan menambah kepuasan masyarakat saat membutuhkan pelayanan polisi. Sebab polisi adalah pelayan masyarakat.

"Saya juga pernah dinas di sini, tahun 1995 jadi Wakasatserse Polwiltabes Surabaya. Dan saat ini, sudah banyak perubahan, terutama saat Pak Iqbal menjabat," beber jenderal bintang dua asal Ketintang Surabaya ini.

Atas inovasi dan terobosan yang dilakukan Kombes Pol M Iqbal, Machfud kemudian memotivasi jajaran Kapolres se-Jatim tersebut. Dia meminta kepada seluruh Kapolres untuk punya mimpi besar seperti Iqbal yang setelah ini akan bertugas sebagai Karopenmas Mabes Polri. "Harus berani bermimpi, misalnya jadi Kapolda. Agar punya motivasi sebagai pemimpin. Seperti pak Iqbal ini, nanti kalau seandainya kembali ke Jatim ya harus jadi Kapolda," tuturnya.

Di tempat sama, Kombes Pol M Iqbal mengatakan dirinya begitu cinta dengan Surabaya. Dia tidak akan melupakan semua kenangan di Kota Pahlawan ini. Dia berpesan agar anggota Polrestabes Surabaya tetap semangat melayani masyarakat, siapapun pemimpinnya. "Kami terus berupaya memberikan yang terbaik untuk masyarakat. Semoga ini tetap bisa bertahan dan bahkan lebih maju lagi," paparnya.

Mantan Kasatlantas Polwiltabes Surabaya ini juga berharap, gedung baru itu bisa dimanfaatkan semaksimal mungkin. Soal pemberian nama gedung, Iqbal mengatakan bahwa Bhara Daksa adalah nama angkatannya, tahun 1991, saat menempuh pendidikan di Akademi Kepolisian. "Saya juga merasa mendapat tauladan dari Kapolda Jatim," pungkas Iqbal. n bkr



Komentar Anda



Berita Terkait