Tak Lolos Piala Dunia, Italia Melanjutkan Tren Play-off Piala Dunia

 

Timnas Swedia merayakan kesuksesan lolos ke putaran final Piala Dunia 2018 setelah bermain imbang 0-0 dengan Italia di Stadion Giuseppe Meazza, Selasa (14/11/2017) dini hari WIB.


SURABAYAPAGI.COM, Surabaya – Tim yang kalah pada leg pertama berpotensi sangat besar gagal karena tak bisa membalikkan keadaan pada leg kedua. Hal itu ditunjukkan oleh kegagalan timnas Italia lolos ke putaran final Piala Dunia, sebagai bentuk konfirmasi tren yang terjadi pada babak play-off.

Timnas Italia tersingkir pada fase tersebut setelah kalah agregat 0-1 dari Swedia. Gli Azzurri, demikian julukan mereka, kalah 0-1 pada laga pertama di Solna, Jumat (9/11/2017) atau Sabtu dini hari WIB, kemudian meraih hasil imbang 0-0 di Milan, Senin (13/11/2017) atau Selasa dini hari WIB.

Perlu diketahui bahwa play-off baru digunakan UEFA sebagai kelanjutan fase grup sejak 1998. Sejak itu pula, tak ada tim yang mampu membalikkan kekalahan 0-1 pada partai pertama, termasuk Italia.

Pada Kualifikasi Piala Dunia 2002, Ceko dan Austria memulai kiprah pada babak play-off dengan kekalahan 0-1. Akhir cerita, kedua negara gagal melaju ke putaran final di Korea dan Jepang.

Berlanjut ke Kualifikasi Piala Dunia 2006, Norwegia juga kalah 0-1 dari Ceko pada laga pertama play-off. Norwegia pun mengikuti kisah Ceko empat tahun sebelumnya alias tersingkir.

Menjelang putaran final 2010, ada dua tim yang takluk 0-1 pada partai pertama play-off zona Eropa, yaitu Irlandia dan Bosnia-Herzegovina. Pada pertandingan kedua, Irlandia hanya meraih hasil seri 1-1 setelah memaksa Perancis menjalani perpanjangan waktu, sedangkan Bosnia kalah lagi 0-1 dari Portugal.

Swedia juga sempat terlibat dalam repetisi sejarah ini. Mereka kalah 0-1 dari Portugal pada partai pertama play-off Kualifikasi Piala Dunia 2014.

Pada laga kedua, Swedia sempat memberikan perlawanan sengit, tetapi Ronaldo bikin hat-trick sehingga mereka takluk 2-3.

Kini, di Stadion Giuseppe Meazza, Swedia mendapatkan sukacita dari sejarah yang berulang. Menang 1-0 pada leg pertama di kandang sendiri, Swedia bisa mempertahankan tiket yang sudah ada di genggaman dengan menahan Italia 0-0 pada leg kedua. lx/kmp



Komentar Anda