Lapangan ujian praktek SIM yang baru diresmikan di wilayah pantura.(SP/MIS)

SURABAYAPAGI.com, Gresik - Kepala Satuan Satuan Lalulintas (Kasatlantas) Polres Gresik, AKP Wikha Ardilestanto, terus berupaya memberikan pelayanan dan kemudahan masyarakat dalam membuat SIM. Tidak heran jika berbagai terobasan terus digebernya.

Setelah sukses membuka layanan bimbingan praktek ujian SIM secara gratis bagi warga yang berulang kali gagal mengikuti ujian praktek SIM. Kini, kembali berhasil membangun lapangan praktek ujian SIM di wilayah pantai utara (Pantura).

Lapangan praktek ujian SIM ini resmi difungsikan setelah secara seremoni diresmikan oleh Kapolres Gresik AKBP Boro Windu Danandito pada Kamis (8/2/2017).

Lapangan praktek ujian SIM tersebut di bangun di komplek Mapolsek Ujungpangkah. Dan dengan diresmikannya penggunaan lapangan ini, maka Satlantas Polres Gresik sudah memiliki dua lapangan praktek ujian SIM. Yakni di halaman markas Satlantas dan di Polsek Ujungpangkah.

AKBP Boro Windu Danandito mengataksn pembuatan lapangan ini bertukuan memberikan kemudahan bagi masyarakat pemohon SIM baru di wilayah pantura. Sehingga tidak perlu lagi harus datang jauh-jauh ke Gresik kota hanya untuk keperluan ujian praktek.

Tingginya animo masyarakat pantura mengajukan pembuatan SIM baru menjadi perhatian khusus pihaknya.

"Untuk memaksimalkan pelayanan, kita tidak hanya menyiagakan mobil SIM keliling. Tapi, kita juga berupaya ada lapangan praktek yang dekat ke masyarakat, sebab mobil keliling itu hanya melayani perpanjangan," tandas Kapolres, Kamis (8/2/2017).

Kasat Lantas Polres Gresik AKP Wikha Ardikestanto, mengatakam bahwa ujian praktik SIM ini terdapat kriteria yang harus dipenuhi pemohon SIM. Misalnya, pemohon SIM C berkendara zigzag dan angka 8, dan menikung. Selama ujian berkendaraan, pemohon SIM tidak boleh menurunkan kaki setelah melaksanakan start, menabrak traffic kun, dan melewati pembatas.

Pemohon SIM A harus melewati zigzag, parkir seri, berhenti di tanjakan dan jalan lagi, serta berhenti di turunan dan jalan lagi.

Sementara itu, dengan diresmikannya lapangan ujian praktek SIM di Ujungpangkah ini, masyarakat semakin mendapat kemudahan pelayanan petugas Satlantas khususnya pemohon SIM baru. Mis