Pengerjaan Pipa Selesai, Rabu Malam Air PDAM Mengalir

 

Bupati Fadeli, ditemani Sekkab beberapa kepala OPD dan Kabag Teknik PDAM saat sidak pengerjaan pipa PDAM di depan Kantor Nakertrans setempat.


SURABAYAPAGI.com, Lamongan - Setelah dilakukan perbaikan secara maraton, pipa PDAM yang mengalami kebocoran akhirnya bisa diatasi, dan diperkirakan kurang lebih Rabu (15/11/2017) malam, air PDAM Lamongan untuk pelanggan di dalam kota dan sekitarnya sudah mengalir dengan normal.
 
"Alhamdulillah setelah bekerja keras siang dan malam memperbaiki pipa yang bocor,  akhirnya pengerjaannya sudah selesai, dan paling lambat besok malam (Rabu malam red), air PDAM sudah bisa mengalir ke pelanggan "kata Bupati Fadeli saat sidak melihat langsung finishing pengerjaan pipa PDAM di depan Kantor Nakertrans setempat, Selasa (14/11/2017).
 
Dikatakan Fadeli, pengerjaan pipa PDAM ini penangannanya tidak sesederhana yang dibayangkan itu, perlu penanangan yang ekstra, lantaran selain harus menghadapi kendala hujan, juga karena pemasangan pipanya menyilang, memotong jalan nasional yang kebetulan dibawanya terdapat gorong-gorong.
 
"Ini penanganan tidak bisa secepat itu, karena tingkat kesulitan yang cukup besar, apalagi harus dilewatkan dibawa jalan nasional, saya harapakan besok malam air sudah bisa keluar normal, dan tadi pukul 11.30 wib sudah diujicoba,"terangnya.
 
 



Bupati saat mendapatkan penjelasan dari Kabag Teknik PDAM sidak pemasangan pipa.


Ujicoba ini lanjut Fadeli, untuk mengukur kekuatan pipa dan juga untuk mengisi pipa hingga ke saluran rumah (SR), sehingga tekanan air pun dibatasi pada awal-awal ujicoba ini."Pada awal ujicoba ini frekuensi baru 4 bar, yang semestinya normalnya sampai 5,9  bar, "ujarnya.
 
Sementara untuk putaran gate valuve ini tambah Fadeli, baru dibuka 5 putaran, dari normalnya sampai 10 putaran. "Untuk saat ini gate valuve baru dibuka 5 sla/putaran, dan  setiap  dua jam kemudian frekuensinya dinaikan menjadi 7 dan seterusnya hingga sampai 10,"jelasnya.
 
Tahapan itu lanjut Fadeli dilakukan, karena pemasangan pipa PDAM tidak lantas langsung bisa difungsikan, ada tahapan yang harus dilalui. Berbeda dengan kerusakan pada listrik, ketiga disambung bisa langsung nyala."Kalau listrik rusak disambung bisa nyalah, tapi jerusakan pipa PDAM beda, meski sudah selesai penyambungannya, tapi dalam mengisi air harus mempertimbangkan tekanan,"akunya.
 
Terhadap ketidaknyamanan pelanggan PDAM dengan perbaikan ini, pihaknya memohon maaf kepada semua pelanggan PDAM khusunya masyarakat Lamongan kota dan sekitarnya, karena kerusakan pada pipa dibilang sebagai musibah, dan tingkat kesulitan penanagananya juga cukup besar."Saya mohon maaf sebulan ini pelayanan air PDAM terganggu, dan Rabu malam air sudah bisa kembali mengalir normal,"pungkasnya.jir



Komentar Anda