Suasana simulasi pengamanan saat pilkada oleh Satu kompi Dalmas POLRES Blitar Kota yang dibantu oleh satuan TNI (KODIM 0808 Blitar) dan Sat.POL.PP pemkota Blitar. (SP/LESTARI)

SURABAYAPAGI.com, Blitar - Suasana mencekam tampak di depan kantor KPU Blitar. Satu kompi Dalmas POLRES Blitar Kota yang dibantu oleh satuan TNI (KODIM 0808 Blitar) dan Sat.POL.PP pemkota Blitar tampak berjaga-jaga di depan kantor KPU Kota Blitar, karena mendegar informasi bahwa kantor KPU akan digrudug masa.

Sebelumnya telah terjadi keributan oleh sekelompok masa lainnya, namun usaha sekelompok masa tersebut bisa dikendalikan oleh regu Dalmas Polres Blitar Kota. Dalam kejadian tersebut sebagian provokatror berhadil ditangkap petugas Dalmas dan Satuan Unit lainya, Senin (12/2/2018) pagi sekitar pukul 10.00 wib.

Keributan yang terjadi di kantor KPU Jatim merupakan kegiatan Simulasi Sispam (Sistem Pengamanan) Kota dalam jelang pelaksanaan Pilkada 2018 di wilayah Polres Blitar Kota. Simulasi digelar di Jalan Merdeka Barat, tepatnya depan Kantor Walikota Blitar. Simulasi sispam kota disaksikan oleh seluruh unsur Forpimda Kota Blitar, jajaran KPU dan Panwaslu Kota Blitar, serta tokoh masarakat dan tokoh agama.

Kapolres Blitar AKBP. Adewira Siregar memaparkan, jika simulasi ini dilakukan agar seluruh personil siap menangani segala bentuk kerusuhan yang terjadi.

"Dalam kegiatan Simulasi Sispam Kota menjelang Pilkada Jawa Timur, diharapkan agar seluruh personil Polres Blita Kota, dalam pengamanan Pilkada Jawa Timur nantinya akan memahami tupoksinya masing-masing dan penuh kesiagaan. Jadi kita simulasikan bagaImana kondisi jelang kampanye, sampai perhitungan surat suara,” papar Kapolres Blitar AKBP. Adewira Siregar, kepada para wartawan.

Dalam peragaan dan simulasi tersebut, Polres Blitar kota menerjunkan ratusan anggota Polres dibantu oleh satuan TNI (KODIM 0808) dan Sat.Pol.PP serta satuan Linmas , yang menggambarkan jalannya pergerakan masa yang mengacaukan pelaksanaan kampanye dan pemungutan suara di TPS. Kerusuha juga digambarkan sampa pada saat pembawaan kota suara di KPU Kota Blitar.

“Kita telah menyaksikan gambaran atau simulasi pengamanan dalam Sispam Kota jelang Pilkada, dan digambarkan bagaimana anggota Satuan Dalmas yang dibantu TNI , dapat mengantisipasi kejadian kejadian yang tidak diprediksi sebelumnya, sehingga kita sudah siap untuk pengamanan jalanmya Pilkada pada Juni mendatang," tambah AKBP. Adewira Siregar.

Kapolres Blitar Kota mengatakan jika pola pengamanan setiap TPS akan menerapkan sistem 1:5:10 yang artinya setiap 1 anggota Polres Blitar kota melakukan penjagaan 5 TPS di bantu 10 anggota Limas, untuk aparat kemanan lainya tetap siaga, yang artinya selalu On coll.

Sementara Walikota Blitar, Samanhudi, mengaku senang melihat persiapan yang dilakukan Polres Blitar Kota, sehingga nantinya dalam pelaksanaan Pilkada, baik pra sampai akhir Pilkada wilayah Kota Blitar merasa aman.

“Tentunya dengan simulasi yang digelar oleh Polres Blitar Kota yang begitu bagus disertai peragaan pengaimana penanggulangan kerusuhan, untuk pengamanan Pilkada di Kota Blitar saya rasa (pilkada, red) akan berjalan aman dan tetib,” terang Samanhudi Anwar kepada wartawan usai menyaksikan Simulasi kesiapan Sispam Kota oleh Polres Blitar Kota.les