Cawagub Emil Dardak ketika ditemui di Surabaya, beberapa waktu yang lalu

SURABAYAPAGI, Surabaya- Jatim merupakan satu dari sedikit provinsi di Indonesia yang kaya akan seni budaya. Oleh karena itu, pengembangan seni budaya akan menjadi salah satu program khusus yang digagas oleh pasangan Khofifah-Emil Dardak di Pilgub Jatim 2018.

Usaha untuk menjadikan seni budaya sebagai ujung tombak memajukan kebudayaan masyarakat Jawa Timur pun, menurut Emil tidak akan terwujud sebagai komitmen di atas kertas belaka. Bupati Trenggalek itu bahkan telah memperkenalkan kesenian tradisi khas Jawa Timur di kancah internasional.

"Ini kita lakukan misalnya dengan memperkenalkan seni jaranan ke Jepang. Kita kirim video dan instruktur dari Trenggalek ke sana. Hasilnya seni tradisi ini menjadi cukup dikenal di Jepang," kata Emil Dardak.

Bahkan, pria yang khas dengan julukan politisi milenial itu juga mengatakan seni tradisi khas Jawa Timur itu telah masuk dalam ekstra kurikuler pelajaran di beberapa lembaga pendidikan di negara matahari terbit. "Dengan strategi dan pendekatan yg sama kini seni tradisi Jawa Timur itu juga dikenal di antaranya di beberapa negara Asia Selatan," jelasnya.

"Pengembangan seni tradisi di daerah seperti festival Jaranan, pagelaran Wayang dan Reog yang menjadi seni budaya khas Mataraman juga tengah giat dilakukan," tambah tokoh muda yang ahli dalam bidang pengembangan wilayah tersebut.

Kondisi demikian menjadikan suami dari Arumi Bachsin itu optimis bahwa seni tradisi lain yang berkembang di Jawa Timur akan dapat lebih mendunia. "Banyak bisa dilakukan, jika misalnya, bersama Bu Khofifah dipercaya masyarakat Jawa Timur memimpin daerah ini," pungkas Emil Dardak.ifw