Duet Saifullah Yusuf-Puti Guntur Soekarno saat tiba di RSUD Dr Soetomo untuk melakukan tes kesehatan, kemarin. Foto: Istimewa.

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Gus Ipul tegaskan bahwa dirinya bersama jajaran partai koalisi siap segera tancap gas untuk bentuk strategi pemenangan. Hal tersebut ia ungkapkan terkait dengan dipilihnya Puti Guntur sebagai Cawagub bagi dirinya di menit terakhir sebelum pendaftaran Cagub-Cawagub di KPU Jatim, kemarin.

"Kita akan segera melakukan konsolidasi terkait langkah penyusunan strategi baru. Karena kan ada partai baru dan ada mbak Puti (sapaan akrab Puti Guntur Soekarno)," kata Cagub yang didukung oleh koalisi PKB-PDIP-Gerindra-PKS tersebut.

"Ya, dua partai baru itu adalah Partai Gerindra dan Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang baru bergabung di hari pendaftaran terakhir," tambahnya.

Meskipun demikian, namun pria yang masih menjabat sebagai Wagub Jatim itu mengaku jika seluruh partai koalisi sudah kompak untuk maju bersama. "Alhamdulillah seluruh parpol pengusung kompak. Mereka telah memiliki beberapa strategi pemenangan yang akan berjalan beriringan dan saling melengkapi," kata Gus Ipul.

"Ini adalah koalisi tulus ikhlas dan saling mendukung dan berkoalisi di antara partai dan juga dengan calon. kami bergerak bersama saling mendukung untuk kepentingan bersama dengan kemajuan Jawa Timur," imbuhnya.

Secara terpisah, Hikmah Bafaqih selaku Ketua Tim Sukses Pasangan Gus Ipul-Puti Guntur mengungkapkan bahwa dirinya optimis sosok Puti Guntur tidak akan mengganggu elektabilitas Gus Ipul. Hikmah justru menganggap bahwa sosok cucu Bung Karno tersebut justru akan meningkatkan elektabilitas.

"Terlebih lagi dia merupakan trah Soekarno yang sangat kuat di Jawa Timur. PDIP pun partai yang punya basis massa kuat di Jawa Timur," ujar Hikmah kepada Surabaya Pagi.

Disinggung tentang masih awamnya Puti di mata sebagian besar masyarakat Jawa Timur, Hikmah optimis bahwa waktu yang ada masih sangat cukup untuk mengejar ketertinggalan tersebut. Rentang waktu mulai hari ini hingga masa pencoblosan Pilgub Jatim 2018 sendiri masih tersisa kurang lebih sekitar 6 bulan.

"Masih banyak waktu untuk menggarap itu. Semua channel yang diizinkan oleh KPU akan kami manfaatkan untuk itu. Baliho GI-Anas pun akan segera kami ganti, tunggu ya," ujar Hikmah.

Terkait sosok Puti, Hikmah memandang bahwa anggota DPR RI tersebut juga adalah sosok yang tepat. "Sosok Puti pun ini pun merupakan sosok visioner yang selalu berperan dalam setiap kebijakan yang pro dengan rakyat. Saya juga merasa bahwa sosok Puti, dengan semua yang ia miliki justru akan meningkatkan elektabilitas Gus Ipul," pungkasnya. ifw