Harta Puti Guntur Rp 2,89 M

 

Puti Guntur Soekarno di KPU Jatim. Foto SP/BYOB


SURABAYAPAGI.com, Surabaya – Pasca pendaftaran dua paslon yang maju Pilgub Jatim, ternyata terdapat 2 calon yang belum menyerahkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN). Satu diantaranya Puti Guntur Soekarno, dikarenakan penunjukan dirinya yang mendadak, sehingga terdapat berkas yang belum tuntas. Namun data yang diperoleh Surabaya Pagi, cucu mantan Presiden Soekarno ini sudah melaporkan harta kekayaannya ke KPK. Sesuai data di LHKPN, Puti baru melaporkan kekayaannya pada 2 Juni 2010 dan 9 Mei 2016. Sedang LHKPN terbaru belum ada.

Sesuai data itu, total kekayaan Puti yang dilaporkan sebesar Rp 2.835.303.466 pada 2 Juni 2010. Jumlah ini naik sedikit menjadi Rp 2.895.440.890 pada laporan 9 Mei 2016.

Menurut Komisioner KPU Jatim Muhammad Arbayanto, menyampaikan LHKPN salah satu syarat utama bakal calon yang harus dipenuhi. Hasil pemeriksaan sementara terdapat 2 bakal calon yang belum menyerahkan LHKPN. “Namanya tidak bisa kami sebutkan, karena mereka masih melengkapinya,” kata Arbayanto, di kantor KPU Jatim, kemarin.

Menurutnya, masa pengumumannya hasil evaluasi berkas akan diumumkan pada 17 atau 18 Januari. Sekaligus diserahkan ke tim hasil dari evaluasi berkas apa saja yang menjadi kekurangan untuk dilakukan perbaikan dan memenuhi berkas yang belum lengkap dengan batas waktu sampai tanggal 20 Januari. "Jika sampai tanggal 20 Januari mendatang kekurangan berkas misal LHKPN tidak dipenuhi, maka bakal calon tidak didiskualifikasi akan tetapi tidak ditetapkan sebagai calon dikarenakan tidak memenuhi syarat (TMS)," kata Arbayanto.

Diperoleh informasi, bahwa calon yang belum menyerahkan LHKPN itu adalah Puti Guntur Soekarno. Sedangkan LHKPN Khofifah Indar Parawansa hanya perlu update terbaru saja .

Dikonfirmasi terpisah, Sri Untari, Sekretaris tim pemenangan Saifullah Yusuf – Puti Guntur mengakui jika terdapat beberapa berkas Puti Guntur Soekarno yang belum tuntas salah satunya LHKPN. Dikarenakan penunjukannya yang mendadak, dan tim secepatnya akan menuntaskan. “Tapi tidak ada masalah, insya Allah lengkap semua dan dalam waktu dekat akan diserahkan ke KPU Jatim," kata Sri Untari.

Sementara itu Renvile Antonio, Sekretaris Tim Pemenangan Khofifah-Emil saat ditanya apakah sudah menyerahkan seluruh berkas yang menjadi syarat pencalonan termasuk LHKPN? Renville menyampaikan semuanya sudah. “Sudah memenuhi semua persyaratan calon yang diminta KPU berdasarkan PKPU No 3,2017 dan SE 17 yang baru,” tepis Renville. n rko

 



Komentar Anda



Berita Terkait