Emil Perlu Bacawagub Populer Bila Ingin Menangkan Poros Emas

 

Beberapa waktu lalu, Netizen Jatim dihebohkan dengan viral gambar Jatim Emas yang menampilkan gambar Emil Dardak-Anwar Sadad dengan logo partai Gerindra-PAN-PKS.


SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Saat ini pola komunikasi politik yang terjadi di tengah masyarakat sudah jauh bergeser. Masyarakat saat ini, sudah tidak lagi peduli terhadap politik uang maupun partai politik.

Menurut pakar komunikasi politik asal Ubhara Fitria Widiyani, masyarakat saat ini menentukan pilihan mereka hanya berdasarkan sosok. Dengan kondisi demikian, apabila Emil kelak bakal benar-benar menjadi jago dari Poros Emas, maka Bupati Trenggalek tersebut harus memperhatikan beberapa hal.

"Sosok Emil sendiri, sudah memiliki rekam jejak yang bagus. Hanya saja, ia masih terhitung baru. Kan belum dua tahun jadi Bupati. Sehingga, kalaupun nanti didorong untuk menjadi Cagub, perlu didampingi oleh sosok yang lebih dulu populer di mata masyarakat," kata Tya, sapaan akrab Fitria, ketika ditemui, Sabtu(11/11/2017).

Sosok tersebut, menurut Tya tidak harus dibatasi oleh wilayah maupun usia. "Karena sekarang pemilih tidak lagi melihat itu. Yang terpenting bagi mereka adalah kemampuan dan bagaimana pola komunikasi yang dilakukan kepada masyarakat," tegasnya.

Senada, pakar politik senior asal Unair Suko Widodo juga memiliki pandangan yang sama. Menurut Suko, sosok Emil yang sudah begitu kuat di sisi popularitas perlu mendapatkan pasangan yang memiliki kredibilitas di bidang pemerintahan.

"Karena dalam pola komunikasi politik itu ada kriteria yang harus diperhatikan. Yang pertama adalah wibawa, sayangnya ini sudah kurang relevan karena hanya laku di era totalitarian dan militer. Kedua adalah expert. Ini berarti yang ditonjolkan adalah kemampuannya. Dan yang terakhir adalah atraktif, ini disukai cenderung karena popularitasnya. Dengan demikian, Emil perlu pasangan yang sudah punya karakteristik expert dalam bidang pemerintahan. Karena pengalaman dia masih kurang dari dua tahun di bidang itu," jelas Suko, ditemui terpisah.

Disinggung terkait nama-nama yang bisa menjadi Bacawagub bagi Emil, Suko mengatakan ada beberapa nama yang memiliki potensi untuk itu. "Misalnya ada Pak Suyoto Bojonegoro, lalu Pak Masfuk Lamongan, kemudian juga ada Pak Hasan Aminuddin. Mereka bisa untuk itu. Kombinasi yang sama pernah dilakukan oleh Jokowi-JK yang memimpin di Indonesia hingga saat ini," pungkasnya.

Sementara itu, terkait viralnya gambar paslon Emil-Sadad untuk Jatim Emas, pengamat politik asal Universitas Yudharta Pasuruan Edy Marzuki mengatakan bahwa paslon tersebut bisa merepresentasikan generasi millennial. Sehingga diharapkan mampu meraup maksimal suara pemilih millenials yang jumlahnya di jatim lebih dr 14 jt.

"Paslon ini mewakili perpaduan generasi y dan x. Sekaligus juga saling melengkapi dgn perpaduan nasionalis-NU, mataraman-tapal kuda madura, selatan-utara, eksekutif-legislatif, intelektual-kultural dan perpaduan lainnya," jelas Edy.

Sebelumnya, Sekretaris DPD Partai Gerindra Jatim Anwar Sadad mengatakan bahwa partainya bakal mengusung sosok yang mampu merepresentasikan harapan Millenials. Tokoh dengan kemampuan seperti itu saat ini tidak banyak ditemui dalam panggung politik di Jawa Timur. 

"Salah satunya, Emil Dardak. Kenapa Emil? Karena dia ini unik. Sosok Pemimpin yang juga media darling," kata Sadad, kemarin.ifw



Komentar Anda