Lantamal V Motori Bersih-Bersih Kalimas

Jelang Hari Armada tahun 2017 pada 5 Desember mendatang

 

Para prajurit TNI saat bersih bersih kalimas menjelang hari armada


SURABAYAPAGI.COM, Surabaya -Jelang Hari Armada tahun 2017 pada 5 Desember mendatang, banyak agenda yang akan digelar untuk memperingatinya, salah satunya Program Kalimas Bersih (Prokasih) yang di motori Pangkalan Utama TNI AL V (Lantamal V) yang ditunjuk panitia pusat Hari Armada untuk membidangi bersih-bersih kali milik warga Surabaya ini.

Bersih Kalimas yang sudah dimulai Lantamal V sejak 20 Oktober hingga (4/12), seremonial digelar Jumat (24/11), selain upacara pembukaan juga di gelar peninjauan lokasi sepanjang Kalimas dari Monumen Kapal Selam hingga muara Tanjung perak oleh pejabat TNI. pejabat terkait Pemprov Jatim dan Pemkot Surabaya.

"Bersih bersih Kalimas ini, selain menyambut Hari Armada, juga memperingati Hari Pahlawan. TNI juga berharap, bahwa Kalimas ini nantinya akan berfungsi seperti jaman dahulu" ucap Kepala Staf Armatim - Laksma TNI Robert Wolter Tappangan setelah melakukan pembukaan Prokasih.

"Dimana sungai Kalimas ini terkenal sebagai jalur kapal kapal kecil, sebagai jalur komunitas perdagangan bagi masyarakat Surabaya. Dan memiliki nilai sejarah dalam memperebutkan kemerdekaan Republik Indonesia," lanjutnya, Jumat (24/11).

Prokasi kali ini, juga akan melibatkan ribuan prajurit TNI dan warga Kota Surabaya untuk bahu-membahu membersihkan Kalimas yang membelah Kota pahlawan ini.

Bersih-bersih Kalimas dalam rangka memperingati HUT Armada RI 2017 dan Hari Pahlawan kali ini, mengusung tema “Dengan semangat hari Pahlawan dan hari Armada 2017 TNI AL dan rakyat Surabaya bertekad menjadikan kota Surabaya Green & Clean”.

Kalimas sejauh 6,5 Km dibersihkan dari sampah yang telah lama menggendap didasar sungai oleh Ribuan prajurit TNI dan warga Kota Surabaya. Sampah dari dalam sungai tersebut diangkut dengan menggunakan truk sampah sebanyak 25 unit, yang berasal dari Koarmatim, Lantamal V, BBWS Brantas, Jasa Tirta, DKP, Dinas PU dan Pasmar 1.

Selain itu, panitia juga mengerahkan tiga unit Exavator dan tiga unit Ponton. Kendaraan roda 3 juga dilibatkan untuk mempermudah mobilisasi yang berasal dari Koarmatim, Kodiklatal, Lantamal V dan Satlinlamil Surabaya. Ambulan juga disiapkan oleh panitia sebanyak 8 unit.

"Harapan kita kedepan, tentunya Kalimas dapat kita gunakan kembali sebagai jalur komunitas perdagangan, maupun sebagai jalur atau tempat wisata bagi masyarakat lokal maupun mancanegara," harap Kasarmatim.

Setelah membuka secara resmi Prokasih, para pejabat akan melihat secara langsung dengan menggunakan perahu karet yang telah disiapkan oleh panitia pelaksanaan prokasih tersebut.

Prokasih dibagi menjadi lima zona, tiap-tiap zona di bawah satu komando perwira berpangkat Kapten untuk memudahkan koordinasi dilapangan. Jul

 



Komentar Anda