Jokowi Tanam Bibit Sawit Untuk Peremajaan di Musi Banyuasin

 

Presiden Tanam Bibit Sawit di Muba


SURABAYAPAGI.com, Sumatera- Presiden Jokowi menanam bibit sawit di Sumatera. Penenanam simbolik yang dilakukan oleh Presiden Joko Widodo untuk menyalurkan bantuan bibit dalam rangka peremajaan sawit rakyat di Desa Panca Tunggal, Kelurahan Sungai Lilin, Kabupaten Musi Banyuasin (Muba), Sumatera Selatan, Jumat (13/10).

 

Peremajaan yang pertama kali di Indonesia itu diawali dengan bantuan bibit bagi 4.460 hektar lahan sawit di Muba. Sebanyak 1.660 hektar di antaranya berada di hutan produksi yang telah dibebaskan.


Menurut Jokowi, peremajaan sawit dengan bibit unggul bertujuan untuk meningkatkan produksi dan pendapatan petani. Sebab, mayoritas sawit rakyat kurang produktif meski ditanam di areal subur.

 

"Kebun selama ini dikelola tidak pernah diremajakan. Bibitnya dikasih, kurang apa, tapi tahun depan akan saya cek, benar tidak," ungkap Jokowi.

 

Jokowi menegaskan, peremajaan ini akan menambah hasil produksi dari dua ton per hektar menjadi delapan ton. Kebun rakyat bisa melakukan hal itu seperti yang dilakukan pihak swasta.


"Malaysia saja bisa lebih dari delapan ton, masak kita tidak bisa. Nanti bukan dua ton lagi, tapi delapan ton," tegasnya.


Sambil menunggu sawit dipanen, kata Jokowi, pemerintah juga membantu bibit jagung dan kedelai bagi petani sebagai pendapatan tambahan. Tanaman itu ditanam secara tumpang sari di lahan sawit.

 

"Kebunnya dirawat, biar dapat untung. Biaya operasional dikasih Rp 25 juta, cuma-cuma," ujarnya.

Dia menambahkan, program peremajaan akan dilanjutkan di seluruh wilayah Sumatera tahun ini. Pada tahun depan, akan direalisasikan di pulau Kalimantan. (Hm/Mer)



Komentar Anda



Berita Terkait