Gedung Rektorat Unair. (Dok. Istimewa)

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Pelaksanaan Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) tinggal menghitung hari. Berbagai persiapan terus dilakukan oleh pihak guru dan siswa SMA sederajat, mulai mencari informasi seputar jalur seleksi hingga berbagai beasiswa.

Sebagai bentuk respons terhadap kebutuhan informasi seputar jalur seleksi masuk perguruan tinggi kepada masyarakat tersebut, Universitas Airlangga melalui Pusat Penerimaan Mahasiswa Baru (PPMB) serta Pusat Informasi dan Humas (PIH) menggelar kegiatan Airlangga Education Expo.

Ditemui awak media di ruang kerjanya, Rektor UNAIR Prof. Dr. Moh. Nasih menyatakan bahwa Unair bakal mengundang seluruh kepala sekolah se-Indonesia. Mereka akan turut hadir dalam acara yang bakal diselenggarakan di Airlangga Convention Center (ACC), Kampus C UNAIR, mulai 23 hingga 25 Februari mendatang.

“Kami sengaja mengundang seluruh kepala sekolah se-Indonesia untuk memberikan informasi seputar SNMPTN, SBMPTN, dan berbagai beasiswa. Kehadiran mereka (kepala sekolah, Red) ke sini menunjukkan minat dan keseriusan kepala sekolah yang ingin mendaftarkan anak didiknya ke Unair,” terang Prof. Nasih.

Selanjutnya, Prof. Nasih menambahkan bahwa selain talk show dan tanya jawab tentang SNMPTN, SBMPTN, dan jalur Mandiri, dalam acara Airlangga Education Expo, digelar talk show seputar kesempatan Student Exchange. Juga, tips memilih program studi sesuai dengan minat dan kemampuan oleh pakar psikologi Unair serta soal beasiswa di Unair.

“Selain itu, nanti ada talk show mahasiwa dan alumni berprestasi serta mahasiswa berwirausaha,” imbuh Nasih.

Senada dengan rektor, Ketua PIH Unair Dr. Suko Widodo menyampaikan bahwa kegiatan yang perdana dilaksanakan itu merupakan bukti keterbukaan informasi yang ada di Unair. Selain itu, gagasan diadakannya Airlangga Education Expo merupakan bentuk dari respons kebutuhan informasi yang lebih detail masyarakat mengenai Unair.

“Expo ini menjadi respons kami terhadap permintaan masyarakat. Terutama siswa dan guru yang membutuhkan informasi seputar Unair,” jelas Suko.ifw