Suasana verifikasi data dan daftar ulang calon mahasiswa baru jalur SNMPTN

SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Panitia humas SNMPTN-SBMPTN 2018, Siti Machmudah memaparkan sekolah yang belum mengisi PDSS diketahui paling banyak adalah sekolah di wilayah Provinsi Jawa Barat 1.397 sekolah.

Jawa Timur memiliki jumlah sekolah terbanyak kedua yang belum menuntaskan pengisian Pangkalan Data Sekolah dan Siswa (PDSS) pada Seleksi Nasional Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SNMPTN) 2018.

Sampai tanggal 9 Februari 2018, berdasarkan data di PDSS sebanyak 8.224 sekolah yang belum mengisikan data atau non aktif. Disusul Jawa Timur dengan 1.118 sekolah. Jawa Tengah 830 sekolah, Sumatera Utara 588 sekolah dan Banten 409 sekolah.

"Di Surabaya juga ada, tapi rata-rata didominasi MA swasta yang belum mengisi,” ungkap wanita yang juga dosen di Institut Teknologi 10 Nopember (ITS) Surabaya ini, (10/2).

Ia mengungkapkan sejumlah permasalahan umum dan teknis yang dihadapi oleh sekolah dalam pengisian dan finalisasi PDSS yang disampaikan kepada panitia melalui help desk, call center dan menu bantuan di laman PDSS.

"Paling banyak masalahnya lupa password, perubahan akreditasi, NPSN. Permasalahan yang dihadapi oleh sekolah itu telah kami jelaskan penyelesaiannya melalui sistem yang telah ditetapkan," urainya. sr