Susi Pudjiastuti, Dr HC Ketiga ITS Surabaya

 

Susi Pudjiastuti ketika secara resmi dikukuhkan sebagai Dr HC oleh ITS Surabaya, Jumat(10/11). Foto: SP/IBNU.


SURABAYAPAGI.com, Surabaya - Jumat(10/11), Menteri Kelautan dan Perikanan Republik Indonesia, Susi Pudjiastuti menerima gelar Doctor (Dr) Honoris Causa (HC) bidang pembangunan kelautan dan perikanan dari Institut Teknologi Sepuluh Nopember. Gelar Dr HC tersebut diberikan setelah Hermawan Kartajaya dan Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini.

Rektor ITS Prof Joni Hermana yang langsung memberikan gelar kepada Susi mengungkapkan bahwa, proses pemberian gelar kehormatan kepada Susi cukup panjang dan selektif. Sebab, gelar Dr HC dari ITS menurutnya tidak akan dengan sembarang diberikan.

"Dimulai sejak September 2016 yang lalu. Dr HC yang ke-3 diberikan kepada menteri Susi itu menunjukkan ITS cukup selektif dalam memberikan gelar. Karena kita butuh orang yang mampu membuat pembangunan terhadap bangsa dan dia telah menunjukkan kinerja yang sangat baik dan signifikan," kata Guru Besar Teknik Lingkungan tersebut.

Sementara itu, Menteri KKP Susi Pudjiastuti menyampaikan pidato bertema "Mempertahankan Keberlanjutan Peningkatan Produktivitas Sumber Daya Kelautan Dan Perikanan Indonesia" pada saat pemberian gelar doktor. Ia mengaku sebenarnya tidak membutuhkan gelar itu, namun sebagai seorang profesional dan cinta kepada laut serta pertanggungjawaban sebagai seorang pejabat negara, legitimasi tersebut sangat penting untuk meneruskan kebijakan yang dilakukan KKP di Indonesia.

"Karena ini satu satunya yang bisa memastikan masa depan bangsa adalah kita sendiri. Ini juga bisa menjadi motivasi lebih kepada KKP untuk meneruskan kebijakan yang telah dibuat," ujarnya.

"Dengan gelar doktor kehormatan dari ITS ini semoga kami menjadi lebih tegas dan selalu bertanggung jawab terhadap kelautan negara ini," lanjut Susi.

Dalam pidato yang ia sampaikan, Susi sempat meneteskan air mara. Susi mengungkapkan dirinya teringat kepada anak dan ibu bapaknya. Menurutnya, jika bekerja dengan baik, maka apresiasi itu akan datang.

"Saya merasa apa yang telah terjadi di kelautan akan tercurah untuk semua bahwa laut harus dijaga kelangsungan dan keberlanjutannya. Saya bangga bisa membagi, Indonesia menang untuk mendapatkan kedaulatan lautnya," pungkas Susi. ifw



Komentar Anda



Berita Terkait