Hariini, Atribut Cagub Wajib Dicopot

 

SURABAYAPAGI, Surabaya – Pasca penetapan pasangan calon gubernur-calon wakil gubernur Jatim oleh KPU, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Jawa Timur langsung memantau atribut calon yang masih terpasang. Bawaslu menghimbau agar tim pemenangan  kedua kandidat peserta Pemilihan Gubernur Jawa Timur 2018 melepas atribut kampanye yang bertebaran di jalan.

 

Muhammad Amin, Ketua Bawaslu Jatim mengatakan, sesuai dengan aturan, kandidat dilarang memasang alat peraga kampanye setelah ditetapkan KPU Jatim.

 

 "Seharusnya setelah ditetapkan sudah dicopot dan ini termasuk pelanggaran kalau masih ada," katanya ketika dikonfirmasi pada Senin (12/2).

 

Dia meminta agar paling lambat hari ini (13/2) seluruh alat peraga kedua kandidat harus bersih. Pihaknya bersama Panwaslu Kabupaten/Kota untuk membersihkan baliho dan poster yang masih terpasang.

 

"Kami akan berkoordinasi dengan Panwaslu Kabupaten kota dan tim pemenangan. Paling lambat besok malam harus sudah bersih," tegasnya.

 

Muhammad Amin menegaskan, pemasangan Baliho dan alat peraga kampanye setelah penetapan KPU Jatim adalah sebuah pelanggaran. Bawaslu Jatim bisa menjeratnya dengan pasal tindak pidana pemilu.  

 

"Ancaman macam-macam bisa penjara karena termasuk pidana pemilu," pungkasnya. rko

 

 



Komentar Anda



Berita Terkait