Tiga Pasangan Calon di Kediri Belum Lengkapi Syarat

 

Divisi Teknis KPU Kota Kediri, Pusporini Endah Palupi. Foto : SP/DUCAN.


SURABAYAPAGI.com, Kediri - Tiga pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Kediri resmi mendaftar ke KPU Kota Kediri. Tetapi, usai jadwal pendaftaran ke KPU mayoritas para calon belum bisa melengkapi syarat administrasi.

Pusporini Endah Palupi, Divisi Teknis KPU Kota Kediri mengatakan, rata-rata paslon belum menyerahkan LHKPN (Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara) dan surat keterangan dari Pengadilan Negeri setempat. KPU memberikan waktu pemenuhan persyaratan calon hingga 20 Januari 2018 mendatang.

"Kekurangan persyaratan administrasi setiap calon berbeda. Umumnya LHKPN sama surat dari PN meliputi, surat tidak pernah sebagai terpidana, tidak dicabut hak pilihnya, dan tidak punya tanggungan hutang," kata Pusporini, Kamis (11/01).

Menurutnya, dari ketiga paslon, Samsul Ashar dan Teguh Juniadi paling banyak kekurangan. Sekitar 50 persen pasangan Samsul Ashar dan Teguh Juniadi belum bisa melengkapi syarat KPU. Sementara paslon lainnya, seperti pasangan petahana Abdullah Abu Bakar dan Lilik Mujibbah masih kurang syarat LHKPN dan surat cuti sebagai kepala daerah. Sedangkan pasangan Aizuddin Abdurahman dan Sudjono Teguh belum melengkapi tidak sedang dicabut hak pilih, tidak sedang pailit dan surat pengunduran diri dari anggota DPRD bagi Sudjono Teguh.

Menurut Pusporini, meski paslon belum memenuhi seluruh persyaratan, tetapi KPU tetap memberi tanda terima. Akan tetapi tanda terima tersebut seluruh pasangan calon untuk segera melengkapi. "Sebenarnya untuk mengurus itu tidak lama. Seperti surat dari Pengadilan Negeri, dua sampai tiga hari sudah selesai. Namun kadang sewaktu mengurus, Kepala PN tidak ada atau kendala lain, sehingga butuh waktu," jelasnya.

Syarat administrasi calon akan menjadi penilaian oleh KPU sebagai penyelenggara. Termasuk hasil tes kesehatan paslon. KPU berharap seluruh paslon dapat segera melengkapinya agar proses pencalonannya berjalan lancar.

Siketahui, ada tiga paslon Bakal Calon Walikota dan Walikota Kediri yang telah mendaftar Pilwali Kediri 2018 di KPU. Antara lain, paslon petahana Walikota Kediri Abdullah Abu Bakar - Lilik Muhibbah diusung dan didukung PAN, NasDem, PKS, dan Demokrat, paslon Aizzudin Abdurrahman dan Sudjono Teguh Wijaya diusung koalisi PKB, Partai Golkar, PPP dan Partai Gerindra serta Samsul Ashar-Teguh Juniadi yang diusung PDIP dan Partai Hanura. can



Komentar Anda