Jelang Pilkada, Polres Malang Gelar Cyber Patrol 24 Jam Non Stop

 

Pemantauan langsung dari Polres Malang terhadap berita hoax dan fitnah. (SP/AZM)


SURABAYAPAGI.COM, Malang - Menjelang Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) akan rawan memunculkan isu-isu tidak benar seperti informasi hoax dan fitnah di sosial media. Kondisi demikian mebuat Polres Malang lebih giat lagi, dengan memantau penggiat sosial media melalui cyber patrol 24 Jam non stop.

Dikatakan Kapolres Malang, AKBP Yade Setiawan Ujung, bahwa penyalahgunaan sosial media sangat rawan terjadi, khususnya menjelang Pilkada, "sosial media kalau tidak dikelolah dengan baik dikhawatirkan berdampak terhadap kehidupan nyata seperti di daerah-daerah lain, untuk itu kami mengantisipasi hal itu. Apalagi menjelang Pilkada, atmosfirnya sangat beda. Polres Malang berhak mengintervensi di Medsos tersebut supaya kondusif," jelasnya di Mako Polres Malang. Kamis (11/01/2018).

Cara kerja tim kerja Cyber Patrol Polres Malang ini akan memantau langsung hingga 24 jam penuh, "tim kerja sudah lama berjalan dengan menganalisis mulai instagram, facebook, twitter dan jenis-jenis medsos lainnya. Selama ini sudah ada kalau kurang lebih 70 orang yang diberi surat perintah. Kinerjanya pun 24 jam penuh. Tidak hanya melalui laptop, tapi melalui gadget juga," papar Ujung.

Lebih lanjut Yade Setiawan Ujung juga menambahkan, apabila nantinya ditemukan  adanya penyebar isu tidak benar hoax dan fitnah, Polres malang tidak langsung melakukan tindakan hukum, tetapi melalui tindakan preventif.

"Kalau nanti Polres Malang menemukan berita hoax dan mengarah fitnah tentu kita lakukan pendekatan serta pembinaan terlebih dahulu. Kalau tetap saja melakukan hal yang sama, tentu kita akan terapkan secara hukum dengan UU ITE. Selain itu, untuk mengatasi berita hoax yang sudah menyebar Polres akan melaporkan ke masing-masing Medsos untuk memblokir akun tersebut seperti facebook dan lainnya, serta akan disampaikannya ke masyarakat umum kalau berita itu tidak benar," imbuhnya.

Cyber Patrol yang akan dilakukan Polres Malang ini sendiri akan berlangsung hingga Pilpres ke depan. Azm



Komentar Anda



Berita Terkait