Pemerintah Kota Malang gelar simulasi bencana untuk mengantisipasi bencana di musim hujan. (SP/AZMI)

SURABAYAPAGI.COM, Malang - Mengantisipasi terjadi bencana di musim hujan. Pemerintah Kota Malang gelar simulasi bencana, dengan melakukan apel siaga bencana di halaman Balaikota Malang. Rabu (22/11).

Simulasi itu dipimpin langsung oleh Sutiaji, Wakil Walikota Malang. Dalam Apel itu, ia juga mengungkapkan bahwa Kita Malang jika dilihat dari aspek geografis, klimatologis dan demografis masuk dalam kategori daerah rawan bencana.

"Mengingat Kota Malang termasuk daerah rawan bencana, maka ini penting dilakukan. Selain itu, seringnya kegiatan ini dilakukan untuk terjalinnya koordinasi yang baik antar semua elemen. Saya berharap kepada perangkat daerah terkait untuk menyiapkan sarana dan prasarana serta SDM yang memadai. Mengingat letak geografis Kota Malang yang berada di dataran tinggi dengan aliran sungai brantas, dapat berpotensi menjadi sumber bencana seperti longsor dan banjir," jelasnya.

Sutiaji juga menghimbau kepada segenap camat dan lurah agar mengaktifkan semua pos-pos kebencanaan. Meningkatkan kewaspadaan dan kesiapsiagaan masyarakat dan melaporkan situasi kondisi masing-masing wilayahnya.

Dalam Apel itu pun diikuti sekitar 20 peleton atau 600 peserta dari jajaran TNI, Polri SKPD, dan beberapa komunitas relawan. Mereka melakukan simulasi seperti sedang ada bencana yang menimpa wilayah Kota Malang. azm