Tiga pelaku begal sadis diamankn pihak berwajib. (SP/ANDIK)

SURABAYAPAGI.COM, Jember - Polres Jember Polsek Jenggawah berhasil mengamankan tiga pelaku begal yang terkenal sadis dan tidak segan melukai korbannya saat beraksi, Rabu (10/1/2018). Para pelaku tergolong masih muda karena ketiganya diketahui masih berusia 20 hingga 21 tahun.

Kapolres Jember AKBP Kusworo Wibowo SH SIK SH, ketiganya menjalankan aksi dengan pembagian tugas yang rapi. Pelaku menendang motor hingga terjatuh, saat terjatuh itulah salah satu tersangka mengambil motor hasil begalannya.

Penangkapan pelaku pembegalan berdasarkan atas informasi dari korban. "Korban langsung menghubungi pihak Polsek Jenggawah dan seketika itu Anggota Reskrim Polsek langsung Ke TKP dan menyisir sepanjang jalan," ungkap Kapolres.

Walaupun tersangka sempat mengelabuhi polisi dan berpura-pura sebagai korban kecelakaan lalu lintas namun ketiga pelaku berhasil ditangkap.

Saat ini yang berhasil diamankan Polres Jember adalah tiga unit sepeda motor antara lain jenis V-ixion warna merah, Honda Beat milik pelaku, dan Beat warna biru milik korban.

"Pelaku mengakui jika selama ini telah melancarkan aksinya di sembilan TKP seperti Tempurejo, Wuluhan, Jenggawah lima TKP, Puger dan Ambulu. Atas tindakan ini, para pelaku akan dikenai pasal 365 KUHP ayat 1 dan ayat 2 ancaman hukuman 12 tahun penjara," tambahnya.

Setelah pelaku berhasil diringkus, motor tersebut dikembalikan kepada pemiliknya. Salah satunya Al Qomariyah (35) yang sangat senang menerima kunci sepeda motornya.

"Saya sangat berterimakasih kepada polisi karena kunci berikut sepeda sudah dikasihkan ke saya dan tanpa dipungut biaya alias gratis," tutur Qomariyah. ndik