Mencuri Gula, Warga Jombang Diamankan Polres Gresik

 

Tersangka pencuri gula saat diamankan Satreskrim Polres Gresik. (Ft.MIS/SP)


 

SURABAYA PAGI, Gresik – Karena mencuri gula pasir EP (27), warga Jogodayuh, Desa Jabon, Kecamatan Mojoanyar, Mojokerto dan K (34), warga dusun Karangan wetan, Desa Karangan, Kecamatan Bareng, Kabupaten Jombang, ditangkap tim Satreskrim Polres Gresik, Senin (13/11/2017).

Dari pengakuan keduanya, gula yang dicuri seberat hampir 25 ton. Nah, untuk mengelabui pemilik gula, tersangka pun berpura-pura dirampok. Namun, sayang kedok keduanya ketahuan.

Kanit Pidum Polres Gresik, Iptu Moch Dawud, mengatakan bahwa dua tersangka ditangkap setelah polisi mendapat laporan dugaan penggelapan gula dari PT DSP, tempat keduanya bekerja. Dari laporan tersebut, anggota Satreskrim langsung memeriksa satu persatu sopir yang membawa truk trontin Nopol L 8686 UV milik perusahaan transportasi.

Barang tersebut diambil dari pelabuhan milik PT Maspion Kecamatan Manyar. Dari keterangan saksi-saksi itu, pihak penyidik memcurigai EP dam langsung mengamankan untuk diperiksa. Setelah EP diamankan langsung dilembangkan sehingga berhasil menangkap tersangka K dan HS.

Dalam penyelidikan, keduanya sempat mengaku jika gula yang mereka angkut, dirampok. Namum, pengakuan pelaku tak terbukti. "Gula yang digelapkan, dijual ke HS. Namun sudah terlanjur tertangkap," ujar Kanit Pidum Polres Gresik Iptu Moh Dawud, Senin (13/11/2017).

Dari terungkapnya tersangka EP dan K, Polres Gresik mengamankan barang bukti berupa sebuah dump truk yang dibawa pelaku. Surat jalan gula curah 24.960 kg, dan dua buah HP, satu unit Honda Vario dam pakaian yang digunakan tersangka. Dawud mengatakan, tersangka dijerat Pasal 372 KUHP dengan ancaman empat tahun penjara. mis



Komentar Anda