Pura-Pura Minta Sumbangan, Pria Ini Ternyata Maling

 

Kapolsek Wonokromo, I Gede Suartika dan Kanit Reskrim Polsek Wonokromo, Iptu Ristitanto saat menunjukkan tersangka dan barang bukti. Foto: SP/FIRMAN.


SURABAYAPAGI.com, Wonokromo - Modus kejahatan yang menghantui masyarakat Surabaya makin beragam caranya. Seperti yang dilakukan oleh Mutolib (38) warga Sido Kapasan, Semampir Surabaya. Pelaku ini mendatangi rumah calon korban dengan modus mengucap salam dan meminta sumbangan.

Dengan mengucap salam, Mutolib mencari sasaran rumah dengan pagar terbuka. Selanjutnya jika tidak ada yang menjawab salamnya, Mutolib mencoba masuk dan mencuri barang apa saja yang berharga dan cukup mudah dibawa.

Seperti yang dilakukannya, Senin (9/10) siang. Mutolib berangkat dari rumah menggunakan lyn dan turun mencari sasaran dengan berjalan kaki. Saat melihat sebuah rumah di jalan Sidosermo VIII/111 Surabaya, Mutolib langsung melancarkan aksinya. Tanpa pikir panjang pelaku pun masuk rumah dengan mengucapkan salam (Assalamualaikum). Bahkan Mutolib mengakui, dirinya bukan sekali saja melakukan pencurian pakai modus ucapkan salam.

"Saya sudah tiga kali mencuri dengan ucapkan assalamualaikum. Jika ada jawaban dari tuan rumah, saya minta sumbangan untuk panti asuhan," aku Mutolip.

Pelaku ini mengaku terpaksa mencuri lantaran butuh uang untuk keperluan keluarga. Kalau dirinya dapat HP maka akan langsung bisa dijual secara mudah.

"Modus yang dilakukan pelaku ini langka dan tidak biasanya. Pelaku mengucapkan assalamualaikum, karena tak ada jawaban dan rumah sepi, lalu pelaku ini mencuri HP," sebut Kapolsek Wonokromo, Kompol I Gede Suartika, Kamis (12/10).

Masih kata Suartika, HP korban ditinggal di ruang tamu dan sedang di charger. Sedangkan korban sendiri sedang berada di belakang rumah memperbaiki tembok yang rusak.

"Kemudian pelaku curiga seperti ada yang mengucap salam korban keluar, dan diketahui jika ada yang mengambil handphone miliknya. Korban langsung melakukan pengejaran hingga akhirnya tertangkap," imbuh mantan Kapolsek Pakal ini.

Selanjutnya, pelaku diserahkan ke Polsek Wonokromo guna menjalani pemeriksaan. Dan terbukti bersalah pelaku pun langsung dijebloskan kedalam penjara. fir



Komentar Anda



Berita Terkait