Pencuri Uang Kotak Amal Masjid Dimassa

Setelah berhasil bobol kotak amal, pelaku simpan uang di celana dalamnya

 

TEPERGOK - Anang Winarko (baju orange tahanan) di Mapolsek Rungkut. (Foto:bkr/SP)


SURABAYAPAGI.COM, Surabaya - Ulah Anang Winarko membuat geram warga. Sebab setelah tepergok pengurus masjid usai dirinya mencuri uang dalam kotak amal, pria 38 tahun itu malah kabur. Tak urung, warga berhamburan keluar rumah dan menggebuginya hingga ampun ampun. Selain merasakan sakit akibat amukan massa, pria asal Kebraon Indah Permai F12, Karangpilang Surabaya itu, kini mendekam di balik penjara kepolisian.

 

Peristiwa itu terjadi di Masjid Assalam, Perum Purimas, Gunung Anyar Surabaya, Sabtu (12/8/2017) sekitar pukul 06.15 Wib. Saat itu, pelaku Anang masuk ke dalam masjid dan berpura pura salat dhuha. Merasa di dalam masjid sepi dan tidak ada orang, Anang kemudian menghampiri kotak amal masjid. Anang dengan cepat merusak gemboknya. Setelah mengambil seluruh uang amal, Anang menyembunyikan uang itu di dalam celana dalamnya.

 

Namun ternyata, seorang warga bernama Hery Mustofa mengetahui aksi Anang tersebut. Sebelum Anang keluar masjid, Hery pun menegur Anang. Bukannya berhenti, Anang malah berlari dengan cepat untuk berusaha kabur. Hery kemudian berteriak minta tolong. Warga yang mendengar akhirnya semburat keluar rumah dan mengepung Anang.

 

"Saat pelaku terkepung, kami mendapat laporan dan langsung menuju TKP. Kendati sempat dipukul warga, tapi kami berhasil mengevakuasi pelaku dari amukan warga selanjutnya," sebut Kanit Reskrim Polsek Rungkut, AKP Abdul Karim, Minggu (13/8/2017).

 

Setelah dievakuasi, pelaku langsung dibawa ke Mapolsek Rungkut untuk diperiksa. Sementara, pelaku Anang mengaku baru pertama kali melakukan pencurian tersebut. Namun penyidik masih akan mengembangkannya. "Kami juga berhasil menyita uang hasil curian sebesar Rp 714.000, sebagai barang bukti," sambung AKP Karim.

 

Oleh penyidik, Anang dijerat dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan pemberatan (curat). Dengan jeratan pasal itu, Anang terancam hukuman 7 tahun penjara. bkr



Komentar Anda