Gedung bengkel muda Surabaya yang terancam di pugar

SURABAYAPAGI.COM, Surabaya -Dengan arogannya Pemerintah Kota Surabaya melalui Sekretaris Daerah pekan ini melayangkan surat bertanggal 19 Okktober 2017 kepada DKS dan BMS yang isinya, menindaklanjuti hasil rapat kordinasi pada tanggal 12 Oktober tahun 2013 di kantor Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman-Cipta Karya dan Tata Ruang, bersama ini kami sampaikan pemberitahuan bahwa Pemkot Surabaya segera melaksanakan pembangunan Gedung Type B DPRD Kota Surabaya., dan gedung Kesenian Surabaya terkena rencana pembangunan dimaksud. Tertanda Asisten Administrasi Umum, Ir. Hidayat Syah.

Maimura Penggiat Ludruk Surabaya serta aktor dan sutradara teater Ragil mengungkapkan "Dks, Bngkel Muda Sbya, Aksera, adalah kawah candra dimuka. keganjilan kultural entah karna perbedaan genersi ato distansi pemahaman ttg ruang publik".

"Kini posisi seniman di persimpangan, sukar sudah membedakannya antara kerja kreatif dan kerja politis. Kota tidak di pertegas posisinya, masyarakat diambangkan, Balai Pemuda sebgai ikon perjuangan kayaknya mau digeser pemaknaannya. Kayak dimasa lalu aja, lihatlah Mawar 10,Brantas, koblen, pasar turi. Seolah tanpa pengawalan, negara kayak gak hadir didalamnya padahal itu ruang publik yg bersejarah" lanjut pria yang akrab di sapa Mai saat kita hubungi melalui pesawat telepon, Selasa (21/11/2017).

"Setahun yang lalu Konon DKS, BMS, Yayasan 66, KNPI dipanggil kejaksaan terkait legalitasnya disitu. Menurutku itu pendekatan kekuasaan, bukan Cultural, juga bisa dikatakan arogansi, celakanya hal itu disikapi personal oleh kawan kawan yang dipanggil. Itu juga menandakan "pergeseran" yang luar biasa" Lanjutnya. Jul