Menaker Buka Liga Pekerja Indonesia di GOR Delta

 

Menaker Hanif Dhakiri didampingi Muhaimin Iskandar saat buka Liga Pekerja


SURABAYAPAGI.com, Sidoarjo - Hanif  Dhakiri Menteri Ketenagakerjaan (Menaker) melakukan kick off (tendangan pertama) menandai bergulirnya Liga Pekerja Indonesia (LPI) di gelora Delta Sidoarjo, Sidoarjo,  Minggu (17/12/2017).  Menpora Imam Nahrawi, Wagub Jawa Timur Saifullah Yusuf serta inisiator LPI mantan Menakertrans Muhaimin Iskandar, juga hadir dalam acara tersebut.

Dalam sambutannya Menaker Hanif mengatakan, momentum LPI diharapkan menjadi inspirasi model pelaksanaan perayaan May Day bagi pekerja/buruh dan masyarakat Indonesia melalui ajang sepak bola yang menjadi cabang olahraga yang paling populer di seluruh dunia.

"LPI ini juga bertujuan memperkuat iklim kondusif di lingkungan perusahaan dan melahirkan atlet sepakbola potensial dari kalangan pekerja/buruh," kata Menaker Hanif.

Dia juga berharap momen May Day bisa dimanfaatkan dengan baik dan menjadi momen kebersamaan bagi para pekerja/buruh sehingga iklim tenaga kerja di Indonesia menjadi kondusif.

"LPI ini juga bertujuan memperkuat iklim kondusif di lingkungan perusahaan dan melahirkan atlet sepakbola potensial dari kalangan pekerja/buruh," katanya.

Perhelatan LPI secara kontinyu dia harapkan berdampak pada perubahan citra positif peringatan Hari Buruh Internasional "May Day" di Indonesia. LPI juga akan memberikan hiburan bagi masyarakat, khususnya bagi pekerja/buruh, sehingga mampu menggerakan ekonomi rakyat.

"Pemerintah melalui Kementerian Ketenagakerjaan juga mendukung semua kegiatan positif untuk merayakan May Day baik Pra-May Day maupun Post-May Day di seluruh daerah, " katanya.

Menaker juga berharap ajang LPI bisa meningkatkan produktivitas kerja dengan pola hidup sehat melalui olah raga, memperkuat kebersamaan, persaudaraan, jiwa kebangsaan, alat pemersatu bangsa, memperkuat ke Bhinneka-an, serta meningkatkan ketahanan sosial khususnya bagi pekerja/buruh.

Penyelenggaraan LPI sejatinya merupakan kelanjutan liga sepakbola karyawan (Galakarya) yang populer pada 1970-an. Melalui Galakarya, saat itu banyak terlahir talenta sepakbola sebagai kekuatan timnas sepakbola Indonesia.

LPI akan digelar di tiap provinsi, diikuti maksimal 16 tim. Selanjutnya tim juara akan berlaga di delapan zona regional. Tim juara dari zona regional akan bertanding di babak delapan besar nasional, yang selanjutnya ke babak semi-final dan babak final di Jakarta.

Partai final akan digelar bertepatan dengan peringatan Hari Buruh Internasional (May Day) pada 1 Mei 2018. Selain mendapatkan piala bergilir Presiden, Juara LPI juga berhak mengantongi uang pembinaan.

Menteri Pemuda dan Olahraga (Menpora) Imam Nahrawi mengatakan sepak bola Indonesia milik rakyat, sehingga ia meminta semua lapisan masyarakat untuk olahraga si kulit bundar itu.

Lebih lanjut, Imam menyebutkan karena sepak bola milik rakyat maka siapapun berhak menjadi pemain, ofisial dan manajemen di sepak bola Tanah Air. "Sepak bola Indonesia milik rakyat Indonesia. Presiden Joko Widodo benar-benar mendorong dan mendukung sepak bola digairahkan, semua lapisan masyarakat harus berpartisipasi," kata dia. sg

 



Komentar Anda